ACEP ANGGI ARIYANTO, 135060157 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Materi Masalah Sosial dikelas IV Semester 2 SDN Adiyasa). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris .pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (770kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Penelitian Tindakan Kelas Materi Masalah Sosial dikelas IV Semester 2 SDN Adiyasa)” dilatar belakangi karena masih adanya permasalahan pembelajaran IPS khususnya dalam materi Masalah Sosial dalam meningkatkan hasil belajar yang ditunjukan oleh sumber belajar yang minim serta Metode yang digunakan masih mengedepankan pembelajaran konvensional dimana guru menjadi teacher canter dan kurang mengoptimalkan sumber belajar yang sudah tersedia. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang Sehingga Siswa kurang berperan aktif di dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diant aranya perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan model pembelajaran problem based learning, Berdasarkan latar belakang yang menjadi permasalahan dalam hal ini yaitu bagaimana penerapan pembelajaran problem based learning disusun dalam pembelajaran IPS agar hasil belajar siswa kelas IV meningkat. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siklus I menunjukan persentase hasil belajar siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatan lembar evaluasi pertemuan 1 sebesar 48.28 %, lembar evaluasi pertemuan 2 sebesar 65.52 %. Pada siklus II menunjukan perbedaan yang signifikan dengan siklus sebelumnya, yakni persentase hasil belajar siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatan lembar evaluasi pertemuan 1 sebesar 88.21%, lembar evaluasi pertemuan 2 sebesar 96.55%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi masalah sosial di kelas IV SDN Adiyasa kabupaten Bandung, dan dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang baik. Kata Kunci : problem based learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 08:19 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 08:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29097 |
Actions (login required)
View Item |