PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas IV SDN Sukajadi 3 Kota Bandung)

Azis Hakim Juniar, 135060272 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas IV SDN Sukajadi 3 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak fix.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia di kelas IV SDN Sukajadi 3 Bandung Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalu penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia di kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukajadi 3 sebanyak 30 orang siswa. Objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan menggunakan model Problem Based Learning. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I jumlah rata-rata skor sikap percaya diri yang didapat siswa sebesar 57 dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 27% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 73%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 65,5 dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 53% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 47%. Pada siklus II jumlah rata-rata skor sikap percaya diri yang didapat siswa mulai meningkat menjadi sebesar 66 dengan dengan persentase ketuntasan siswa 43% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 57%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 70 dengan persentase ketuntasan siswa mulai meningkat mencapai 63% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 37%. Selanjutnya pada siklus III jumlah rata-rata skor sikap percaya diri yang didapat siswa sangat meningkat menjadi sebesar 78 dengan persentase ketuntasan siswa 83% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 17%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 88 dengan persentase ketuntasan siswa sangat meningkat mencapai 90% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 10%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia di kelas IV SDN Sukajadi 3 Bandung Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:49
Last Modified: 06 Sep 2017 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item View Item