EGA, 135060210 (2017) MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA II PEMANPAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9, Subtema 2 Pemanpaatan Kekayaan Alam di Indonesia terhadap siswa kelas IV di SD YKPPK Jl. Cihampelas No. 14, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1.COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
8.ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
9.ABSTRAK SUNDA.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
14.BAB 1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
15.BAB 2.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
16.BAB 3.pdf Download (892kB) | Preview |
|
Text
17.BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
18.BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
|
Text
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) | Preview |
Abstract
Dari hasil observasi yang di lakukan peneliti terhadap siswa kelas IV, kurang nya sikap peduli, tanggung jawab, percaya diri siswa dan hasil belajar. Dilihat dari hasil belajar siswa dari 31 siswa hanya 10 orang atau 32,25% yang tuntas sedangkan 21 atau 67,75% siswa yang belum memenuhi KKM dan sikap siswa tidak mendapat perhatian dari guru. Karena guru di dalam proses pembelajaran hanya menekankan pada kemampuan kognitif saja, sedangkan kemampuan afektif dan pisikomotor tidak menjadi perhatian guru dalam proses pembelajaran dan kurang melibatkan siswa di dalam proses pembelajaran, di dalam pembelajaran mungkin belum banyak menggunakan model, pembelajaran yang di berikan kurang menarik dan kurang bermakna, kurang nya pemberian motivasi, kurang medukungnya media pembelajaran, dan tidak ada nya pemberian apersepsi kepada siswa. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning terhadap siswa kelas IV. Dari permasalahan yang ada di siswa kelas IV, maka diperlukan adanya suatu tindakan atau perubahan di dalam sistem belajar dan pembelajaran, maka tindakan yang dilakukan peneliti untuk meningkatakan sikap peduli, tanggung jawab, percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran, Subtema II Pemanpaatan Kekayaan Alam di Indonesia dengan menggunakan model Discovery Learning. Discovery Learning yaitu berbasis penemuan. Metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga siswa memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya tidak melalui pemberitahuan, namun ditemukannya sendiri. Hasil analisis data dengan menggunakan model Discovery Learning dalam proses pembelajaran, yang dilakukan sebanyak III siklus yang setiap siklus menunjukkan perubahan. Rata-rata nilai sikap siklus I 60%, rata-rata nilai siklus II 82% dan rata-rata siklus III 96%. Hasil rata-rata nilai keterampilan siklus I 71%, siklus II 81,25% dan siklus III 94%. Hasil belajar Pre-test dan Post-Tes siswa siklus I 25,81%, siklus II 80% dan siklus III 90%. Di lihat dari hasil setiap siklus,di atas membuktikan bahwa penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran, Pemanpaatan Kekayaan Alam di Indonesia dapat meningkatkan perubahan sikap, keteramplan dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Menggunakan Model Discovery Learning, meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 07:33 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29089 |
Actions (login required)
View Item |