Mina Hapsari, 135060171 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cicalengka 08). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan penerapan model discovery learning pada tema kayanya negeriku subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning. Dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang bersifat konvensional sehingga pembelajaran yang dilakukan dikelas terasa membosankan dan menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus yang setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap proses pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tentang penerapan model discovery learning pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: RPP pada silkus I 71,65 %, siklus II 78,3% dan siklus III 86,65%; pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 71,5%, siklus II 77,3% dan siklus III 88,5%; sikap percaya diri siklus I sebesar 57,75%, siklus II 82,85%, dan siklus III 92%; sikap peduli siklus I sebesar 49,9%, siklus II mencapai 74,9%, dan siklus III 93,3%; sikap tanggung jawab siklus I sebesar 49,85%, siklus II 75,3%, dan siklus III 94,65%; pemahaman pada siklus I sebesar 52,6%, pada siklus II 76,3%, dan siklus III 92,1%; keterampilan komunikasi pada siklus I sebesar 50%, pada siklus II 74,6%, dan siklus III 93,36%. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada tema kayanya negeriku subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia telah meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN Cicalengka 08 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 07:11 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 07:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29088 |
Actions (login required)
View Item |