PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI

Eka Sri Lestari, 135040081 (2017) PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pengetahuan prosedural siswa kelas XI IPA 1 SMA Kemala Bhayangkari terhadap pokok bahasan sistem ekskresi yang disebabkan antara lain oleh keterbatasan alat dan bahan praktikum, sehingga siswa sulit untuk memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan prosedural siswa sebelum dan setelah menggunakan media laboratorium virtual pada pokok bahasan sistem ekskresi di SMA Kemala Bhayangkari. Metode penelitian yang dipilih dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design. Jenis Pre-Experimental Design yang dipilih yaitu One Group Pret-test Post-test Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Kemala Bhayangkari dan sampel penelitian ini yang juga merupakan kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang telah diujicobakan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 47,8 dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 60. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 87,8 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Rata-rata indeks nilai N-Gain sebesar 0,77 sedangkan hasil uji t yaitu thit > ttab yaitu 13,24 > 2,71. Berdasarkan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan awal siswa (pretest) dan pengetahuan akhir siswa (posttest) menunjukkan perbedaan yang signifikan (berbeda nyata). Dengan perolehan data tersebut, terlihat bahwa pengetahuan prosedural siswa pada pokok bahasan sistem ekskresi dapat meningkat dengan pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual. Kata kunci: Media Laboratorium Virtual, Pengetahuan Prosedural, Pokok Bahasan Sistem Ekskresi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:51
Last Modified: 06 Sep 2017 04:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29086

Actions (login required)

View Item View Item