PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung)

AULIA ARTANING TYAS, 135060099 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
1. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal pada Kelas IV salah satu SDN di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Terdapat masalah pada proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar. Karena pembelajaran masih berfokus pada metode ceramah dan belum menggunakan model yang melibatkan peserta didik secara aktif. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 27 siswa pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Dadang Iskandar dan Narsim, 2015:1). Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, peserta didik yang menunjukkan rasa percaya diri mencapai 28% dan hasil belajar mencapai 26%. Pada siklus II peserta didik yang menunjukkan rasa percaya diri mencapai 31% dan hasil belajar mencapai 85%. Dan pada siklus III peserta didik yang menunjukkan rasa percaya diri mencapai 56% dan hasil belajar mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Model discovery learning ini direkomendasikan bagi guru SD untuk diimplementasikan karena terbukti dari penelitian ini bahwa model discovery learning mampu meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar serta efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Kata kunci: Model Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:56
Last Modified: 28 Aug 2017 03:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28939

Actions (login required)

View Item View Item