Mela Melinda, 135060093 (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I (refisi fix).pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II (revisi fix).pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III (revisi fix).pdf Download (724kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV (revisi fix).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran yaitu kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode yang kurang variatif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Salah satu siklus terdiri terdiri dari dua pembelajaran dengan empat tahap yaitu: perencanaan, peleaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2016-2017. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I skor aktivitas belajar siswa sebesar 2,88 dengan kategori baik, pada siklus II skor sebesar 3,04 dengan kategori baik, pada siklus III skor sebesar 3,56 dengan kategori sangat baik. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I melalui LLK dengan skor 67 dengan kategori baik, pretest dengan 59 kategori cukup, dan posttest dengan skor 67 dengan kategori baik. Pada siklus II hasil belajar melalui LKK dengan skor 79 dengan kategori baik, pretest dengan skor 61 dengan kategori cukup, dan posttest dengan skor 74 dengan kategori baik. Pada siklus III hasil belajar melalui LKK dengan skor 81 dengan kategori baik, pretest dengan skor 71 dengan kategori baik, posttest dengan skor 82 dengan kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh dengan cara observasi, LKK, pretest, dan posttest, angket, dan dokumentasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Jigsaw, Aktivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 07:44 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 07:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28894 |
Actions (login required)
View Item |