PERANCANGAN ULANG RADIATOR BERDASARKAN SPESIFIKASI MESIN TOYOTA AVANZA

Rian Muhamad Darmawan, 073030030 and Endang Ahdi, DS and Herman Somantri, DS (2013) PERANCANGAN ULANG RADIATOR BERDASARKAN SPESIFIKASI MESIN TOYOTA AVANZA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Bab 1 - 4 (Rian Muhamad darmawan) .docx

Download (932kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.doc

Download (34kB)
[img] Text
Artikel Rian muhamad darmawan (07.3030030).docx

Download (295kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc

Download (38kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.doc

Download (36kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Proses pembakaran di dalam ruang bakar terjadi pada temperatur tinggi dan berlangsung secara berulang. Hal tersebut mengakibatkan temperatur dinding silinder, kepala silinder, piston, katup, dan beberapa bagian lainnya menjadi naik. Untuk mendinginkan mesin akibat proses pembakaran digunakan radiator dengan air sebagai fluida pendingin. Radiator ini masih dapat dikembangkan dari aspek perancangan yaitu meminimalisir dimensi radiator dengan kondisi kerja mesin yang sama. Salah satu upaya pengembangan radiator yang akan dilakukan melalui penelitian Tugas Akhir ini yaitu perancangan ulang radiator yang lebih menitikberatkan pada pemilihan parameter performansi radiator, sehingga diperoleh dimensi radiator yang lebih kecil. Dengan kondisi kerja mesin yang sama diharapkan hasil perancangan ulang ini dapat berkontribusi dalam peningkatan efisiensi kendaraan mobil secara keseluruhan. Dari hasil perancangan ulang radiator menggunakan pendekatan NTU-Efektivitas berdasarkan spesifikasi mesin Toyota Avanza, dengan memilih efektivitas 0.25 dan perbandingan laju kapasitas panas udara terhadap air 0.25 diperoleh luas permukaan perpindahan panas radiator hasil perancangan ulang 3.26 m2. Sedangkam luas permukaan perpindahan panas radiator acuan 3.51 m2. Dengan demikian luas permukaan perpindahan panas hasil perancangan ulang ini lebih kecil dari radiator yang sudah ada sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2013
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 25 Aug 2017 07:22
Last Modified: 25 Aug 2017 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28885

Actions (login required)

View Item View Item