DESY PURNAMA SARI, 135020099 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KATAPANG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA 1 Lintas Minat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Katapang tahun ajaran 2016/2017 (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA 1 lintas minat). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 1 Katapang tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA 1 lintas minat. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Katapang tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA 1 lintas minat, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Katapang tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA 1 lintas minat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat eksplanasi assosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka, observasi dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis penelitian berbunyi “Model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Katapang tahun ajaran 2016/2017 (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA 1 lintas minat)”. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS versi 24.0 for windows. Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 1.021 itu berarti korelasi tersebut bertanda positif. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana, analisis tersebut menunjukan bahwa dengan hasil setiap kenaikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sebesar 1.021 maka aktivitas belajar meningkat sebesar 1.021. Hasil olah data memperlihatkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Katapang tahun ajaran 2016/2017 sebesar 26,0% dan 74,0% ditentukan oleh faktor lain. Hasil pembahasan memperlihatkan faktor utama yang mempengaruhi variabel Y berasal dari indikator variabel X. Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian diatas hipotesis penelitian dapat teruji. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah alternatif metode yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi peserta didik untuk lebih membangun siswa untuk dapat berpikir kritis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 07:09 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 07:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28873 |
Actions (login required)
View Item |