PERANCANGAN SISTEM PERPIPAAN DISTRIBUSI AIR BERSIH DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PIPE FLOW EXPERT UNTUK SKALA LABORATORUIM

Nurdiana, Mahasiswa and Endang Ahdi, DS and Herman Somantri, DS (2013) PERANCANGAN SISTEM PERPIPAAN DISTRIBUSI AIR BERSIH DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PIPE FLOW EXPERT UNTUK SKALA LABORATORUIM. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Artikel.docx

Download (774kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (65kB)
[img] Text
Laporan.docx

Download (1MB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Air merupakan kebutuhan pokok paling penting bagi kehidupan manusia, industri, dan lainya. Oleh karena itu, ketersediaanya harus tetap terjamin. Banyak cara yang digunakan untuk mendistribusikan air bersih salah satunya dengan menggunakan sistem perpipaan atau jaringan perpipaan. Seiring laju pertumbuhan penduduk dan perkembangan suatu daerah kebutuhan air bersih makin meningkat. Salah satu permasalahan yang sering dijumpai terjadi dalam pendistribusian air yaitu debit air yang mengalir ke setiap rumah tidak sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing rumah. Permasalahan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah perancangan sistem perpiaan yang tidak sesuai dengan jumlah penghuni di setiap rumah. Sehubungan dengan permasalahan distribusi air bersih tersebut, maka melalui penelitian tugas akhir ini diupayakan perancangan sistem perpipaan distribusi air bersih skala laboratorium dengan menggunakan software pipe flow expert. Pada software pipe flow expert ini, pemenuhan debit air yang sesuai dengan kebutuhan dicapai dengan cara menentukan ketinggian air pada tangki, ketinggian tangki pada dasar pipa, diameter pipa dan panjang pipa. Dari hasil perancangan dengan menggunakan software pipe flow expert, diperoleh gambar skematis sistem perpipaan dengan debit air pada 10 keluaran sesuai dengan kondisi perancangan yang diinginkan. Total debit air untuk 10 keluaran sebesar 42 l/min.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2013
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 25 Aug 2017 07:00
Last Modified: 25 Aug 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28870

Actions (login required)

View Item View Item