Pengaruh Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Keaktifan Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 Di SMA Pasundan 1 Cimahi Tahun Ajaran 2016/2017)

Viny Nadya Insafiani Mardhiyah, 135020088 (2017) Pengaruh Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Keaktifan Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 Di SMA Pasundan 1 Cimahi Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Keaktifan Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 Di SMA Pasundan 1 Cimahi Tahun Ajaran 2016/2017). Dilatarbelakangi oleh masih terdapat masalah yang terjadi dalam praktik pembelajaran yang masih terfokus pada guru. Sedangkan siswa hanya mendengarkan, dan kurang berperan aktif ketika proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai 1. Penerapan strategi tutor sebaya pada mata pelajaran ekonomi siswa yang dilakukan di kelas X-1 di SMA Pasundan 1 Cimahi, 2. Keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan strategi tutor sebaya kelas X-1 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 1 Cimahi, 3. Berapa besar pengaruh strategi pembelajaran tutor sebaya terhadap keaktifan belajar siswa kelas X-1 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 1 Cimahi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian assosiatif kausal (sebab-akibat) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini, yaitu peserta didik kelas X-1 SMA Pasundan 1 Cimahi yang berjumlah 24 orang. Hipotesis pada penelitian ini, yaitu Terdapat pengaruh strategi pembelajaran tutor sebaya (X) terhadap keaktifan siswa (Y) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 1 Cimahi. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 24.0 for windows. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa, 1. Pengaruh Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya kelas X-1 SMA Pasundan 1 Cimahi menunjukkan kategori Baik dengan rata-rata 3,87, 2. Keaktifan siswa kelas X-1 SMA Pasundan 1 Cimahi menujukkan kategori Sangat Baik dengan rata-rata 4,04, 3. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran tutor sebaya terhadap keaktifan siswa senilai 41,8 % itu berarti variabel Y dipengaruhi oleh variabel X, artinya Ha dapat diterima dan Ho ditolak, Kesimpulan dari penelitian ini yaitu secara parsial terdapat pengaruh strategi pembelajaran tutor sebaya terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 SMA Pasundan 1 Cimahi. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar penggunaan strategi pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kualitas lulusan, kepada guru diharapkan agar dapat menggunakan strategi pembelajaran tutor sebaya sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran ekonomi, kepada siswa diharapkan agar lebih bersikap aktif, dan inovatif selama pembelajaran, dan kepada peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat menambah ilmu mengenai strategi pembelajaran tutor sebaya terhadap keaktifan siswa. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya, Keaktifan Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Aug 2017 06:50
Last Modified: 25 Aug 2017 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28867

Actions (login required)

View Item View Item