Tardi Ade Heryana, 135060219 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 Pelestarian Lingkungan ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER_SKRIPSI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II revisi.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III revisi 2.pdf Download (726kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri siswa dengan menggunakan model Discovery Learning pada tema 9 lingkungan sahabat kita subtema pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 130 Batununggal Sekelimus dan dilatar belakangi oleh keadaan peserta didik yang kurang menunjukan hasil belajar dan sikap percaya diri ketika proses pembelajaran berlangsung, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran berlangsung masih menggunakan metode konvesional yaitu metode ceramah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan system siklus yang terdiri dari 3 siklus. Dari perencanaan, pelaksanaan, obsesrvasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, dengan menggunakan model Discovery Learning yang terdiri dari 6 fase yaitu stimulus/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pemrosesan data/pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan berupa tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan lembar observasi untuk mengetetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran dan sikap percaya diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pretest postest dan lembar kerja peserta didik, sedangkan sikap percaya diri menggunakan observasi dan keterampilan. Untuk nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pretest dan postest pada siklus ke I yaitu 66 sedangkan pada siklus ke II yaitu 67, dan siklus ke III nilai rata-rata yang diperoleh 88. Untuk sikap percaya diri pada siklus ke I nilai rata-rata 72,68, sedangkan siklus ke II 74,50, dan siklus ke III 82,09..hal ini dapat menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri peserta didik pada tema 9 lingkungan sahabat kita subtema 3 pelestarian Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Sikap Percaya Diri
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 03:31 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 03:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28833 |
Actions (login required)
View Item |