KUALITAS PELAYANAN SAMSAT KELILING PADA CABANG PELAYANAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI WILAYAH KABUPATEN SUBANG

NADYA RAHMARANI, 132010019 (2017) KUALITAS PELAYANAN SAMSAT KELILING PADA CABANG PELAYANAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI WILAYAH KABUPATEN SUBANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan pelayanan pajak kendaraan bermotor melalui salah satu upaya peningkatan pajak daerah yaitu pelayanan SAMSAT Keliling adalah tentang bagaimana Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Subang memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna pelayanan. Kepuasan masyarakat sebagai wajib pajak merupakan hal penting untuk diperhatikan aparat pajak, karena wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor tidak merasakan imbalan secara langsung, maka wajar bila dalam proses pemungutan pajak diimbangi dengan kualitas pelayanan yang baik. Kualitas kinerja yang baik akan menghasilkan kepuasan wajib pajak dalam membayar pajak setiap tahunnya dan kepuasan itu akan mendorong wajib pajak mematuhi segala kewajibannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, khususnya pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi kasus untuk mengungkapkan kejadian atau keadaan yang terjadi dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan, Petugas pelayanan SAMSAT Keliling, dan beberapa wajib pajak. Dalam penentu keberhasilan kualitas pelayanan publik, ada beberapa dimensi menurut Zeithmal et.al yaitu: Terlihat dari faktor yang tampak dengan mata, Kemampuan dan kehandalan, Kesanggupan, Jaminan, dan Merasakan apa yang orang lain rasakan. Hasil analisis peneliti menggambarkan bahwa kualitas pelayanan samsat keliling di Kabupaten Subang studi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor belum berjalan dengan baik khususnya dari segi internal maupun eksternal, mulai dari kurangnya sumber daya manusia, pengembangan sumber daya manusia, lambat dimaksudkan pemanfaatan peralatan dan perlengkapan operasional yang digunakan pada saat pelayanan terkadang mengalami gangguan teknis seperti: kehabisan kertas contiunus form sebagai pembuatan laporan, kondisi printer yang terkadang macet sehingga mengakibatkan terganggunya proses pelayanan, serta blangko notis pajak yang habis serta padamnya aliran listrik genset (generator listrik) sehingga menyebabkan keterhambatan dalam proses pelayanan. Selain itu kendala yang di hadapi pada saat pelayanan SAMSAT Keliling bila ditinjau dari segi eksternal adalah kurangnya persyaratan yang harus dilengkapi wajib pajak seperti fotocopy KTP, kurangnya kesadaran para pemilik kendaraan bermotor yang berada di kecamatan-kecamatan ataupun daerah pelosok yang tidak memiliki dan aktif bermedia sosial sehingga tertinggalnya informasi seputar jadwal dan lokasi pelayanan SAMSAT Keliling. Kata kunci: Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:13
Last Modified: 22 Aug 2017 04:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28735

Actions (login required)

View Item View Item