PERANCANGAN SPRING BED ELISABETH DENGAN MENGGUNAKAN METODA QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI PT. DWI SUASANA JAYA BANDUNG

Dian Handoyo, MAHASISWA and CHEVY HERLI SUMERLI, DS (2008) PERANCANGAN SPRING BED ELISABETH DENGAN MENGGUNAKAN METODA QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI PT. DWI SUASANA JAYA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
All Kelengkapan.doc

Download (293kB)
[img] Text
Cover TA.doc

Download (219kB)
[img] Text
BAB I Dian H..doc

Download (55kB)
[img] Text
BAB II Dian H..doc

Download (562kB)
[img] Text
BAB VI Dian H..doc

Download (46kB)
[img] Text
BAB V Dian H..doc

Download (190kB)
[img] Text
BAB III Dian H..doc

Download (411kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Dwi Suasana Jaya merupakan suatu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang pembuatan spring bed yang mempunyai peluang yang sangat baik untuk bersaing dalam dunia spring bed, akan tetapi seiring dengan perkembangan pasar yang cukup pesat, maka semakin tinggi pula tingkat persaingan diantara perusahaan yang sejenis untuk memenangkan persaingan pasar yang ada. Banyak pelanggan menginginkan dari pihak perusahaan agar dapat memahami kebutuhan pelanggan. Pihak pengembang hendaknya bisa mengerti bahasa pelanggan dan menerjemahkannya kedalam bahasa teknik. Kesulitan-kesulitan dalam mengadakan pendekatan terhadap pengembangan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan harapan pelanggan dapat diatasi dengan menggunakan metoda QFD (Quality Function Deployment). Tujuan penelitian ini adalah mempelajari usaha peningkatan kualitas perancangan produk dengan menggunakan metoda Quality Function Deployment. Metoda Quality Function Deployment adalah suatu metodologi yang mampu menerjemahkan kebutuhan dan keinginan pelanggan ke dalam suatu rancangan produk atau jasa yang memiliki persyaratan teknik dan karakteristik kualitas tertentu. Variabel penelitian ini adalah karakteristik keinginan dan kebutuhan pelanggan terhadap kualitas perancangan spring bed, dan karakteristik perusahaan PT. Dwi Suasana Jaya beserta kompetitor/pesaing yaitu spring bed comforta, berdasarkan pada persepsi pelanggan. Dimensi untuk mengukur kualitas produk yang digunakan adalah Performance, Reliability, Durability, Conformance, Aesthetic, Serviceability, dan Perceived Quality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan menginginkan adanya perbaikan dan peningkatan terhadap promosi penjualan. Dan kemudian pihak PT. Dwi Suasana Jaya akan dapat lebih memfokuskan kepada 10 karakteristik teknis sebagai langkah awal perencanaan desain untuk dapat menjawab keinginan pelanggan tersebut, sehingga karakteristik-karekteristik teknis tersebut akan dijadikan sebagai prioritas atau sasaran utama dalam pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2008
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:38
Last Modified: 10 Aug 2017 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28539

Actions (login required)

View Item View Item