Perancangan SOP (Standar Operasional Prosedur) Keamanan Sistem Operasi Berdasarkan ISO 27001 (Studi Kasus : Laboratorium Teknik Informatika Universitas Pasundan)

ASEP SAEFUL ARIFIN, 123040261 and Iwan Kurniawan, DS and Ferry Mulyanto, DS (2017) Perancangan SOP (Standar Operasional Prosedur) Keamanan Sistem Operasi Berdasarkan ISO 27001 (Studi Kasus : Laboratorium Teknik Informatika Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text
Bab1.pdf

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keamanan sistem komputer yang sangat penting untuk proses bisnis yang terkomputerisasi. Proses bisnis yang sebagian besar menggunakan teknologi komputer serta menjadikan komputer sebagai media penyimpanan data-data penting. Seperti halnya di Teknik Informatika Universitas Pasundan dimana komputer-komputer pada laboratorium digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat terbukanya data-data rahasia, perubahan data oleh pihak ketiga yang dapat menyebabkan kehilangan data. Untuk menjaga keamanan terkait dengan sistem operasi di laboratorium Teknik Informatika Universitas Pasundan, pada penelitian dilakukan perumusan masalah terkait keamanan sistem operasi, kemudia dilakukan studi literatur dan pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Selanjutnya melakukan proses analisis terhadap semua data terkait dengan keamanan sistem operasi, dari hasil analisis tersebut menghasilkan solusi untuk mengatasi permasalahan keamanan terkait sistem operasi. Solusi tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai landasan untuk pembuatan Standar Operasional Prosedur Keamanan Sistem Operasi. Hasil dari penelitian ini berupa Standar Operasional Prosedur untuk Keamanan Sistem Operasi yang sesuai dengan apa yang diatur dalam ISO 27001. Standar Operasional Prosedur tersebut diharapkan dapat meningkatkan keamanan di laboratorium Teknik Infotmatika Univeritas Pasundan. Kata kunci : Keamanan, sistem operasi, standar operasional prosedur

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 17 Jun 2017 06:42
Last Modified: 17 Jun 2017 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28267

Actions (login required)

View Item View Item