PENDETEKSIAN SERANGAN DDOS DENGAN METODE INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) MENGGUNAKAN SURICATA (STUDI KASUS : PKP2A I LAN BANDUNG)

Moch Fakhri Hidayatuloh, 123040205 (2017) PENDETEKSIAN SERANGAN DDOS DENGAN METODE INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) MENGGUNAKAN SURICATA (STUDI KASUS : PKP2A I LAN BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak_123040205.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040205.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_123040205.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informasi sekarang yang sudah semakin pesat, kebutuhan akan keamanan jaringan akan terus meningkat tentunya dari segi keamanan dalam menjaga informasi, data dan infrastruktur jaringan, dengan seiring meningkatnya berkembangnya ilmu pengetahuan tentang masalah hacking dan cracking,bahkan banyak nya metode keamananya yang semakin berkembang , perangkat lunak dan alat yang terus dikembangkan. seperti IDS (Intrusion Detection System). Metode IDS (Intrusion Detection System) adalah sebuah metode keamanan jaringan yang berfungsi untuk mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan berupa serangan – serangan seperti Ping Of Dead, SYN Attack dan Scanning dalam jaringan komputer. IDS akan memonitor lalulintas data pada sebuah jaringan atau mengambil data dari berkas log. Dan IDS akan menganalisa dan memutuskan untuk memberi peringatan kepada seorang administrator jaringan. Dalam Tugas Akhir ini penulis hanya menggunakan perangkat lunak sebagai IDS yaitu Suricata, Suricata merupakan sebuah mesin instrusion detection system yang dapat digunakan untuk mendeteksi serangan jaringan komputer. Untuk mendukung system keamanan di bandung.lan.go.id penerapan metode IDS ini akan sangat membantu administrator untuk mengontrol keadaan jaringan. Kata Kunci : Metode Instrusion Detection System, Pendeteksian Serangan, Suricata, PKP2A I LAN Bandung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Jun 2017 20:36
Last Modified: 16 Jun 2017 20:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28219

Actions (login required)

View Item View Item