KAJIAN PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA KAITANNYA DENGAN PEMBENTUKAN KOMITMEN YANG KUAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DI PT X CABANG BANDUNG

MURNI ANGGIANI, NPM. 148020140 (2017) KAJIAN PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA KAITANNYA DENGAN PEMBENTUKAN KOMITMEN YANG KUAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DI PT X CABANG BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL MURNI_MM.docx

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui pemberdayaan sumber daya manusia yang dilaksanakan pada PT X Cabang Bandung, pembentukan komitmen melalui pemberdayaan sumber daya manusia, kondisi Organizational Citizenship Behavior, faktor–faktor yang menghambat peningkatan Organizational Citizenship Behavior, dan strategi pemberdayaan sumber daya manusia dapat meningkatkan Organizational Citizenship Behavior di PT X Tbk Cabang Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti memperoleh data sekunder dan primer memalui berbagai cara: data primer didapatkan melalui pengamatan dan wawancara, data sekunder didapatkan dengan melakukan studi dokumen yang salah satunya berupa struktur organisasi PT X Cabang Bandung. Hasil penelitian menunjukan pemberdayaan sumber daya manusia di PT X Cabang Bandung sudah berjalan, namun memerlukan langkah yang dapat mengoplimalkan pemberdayaan sumber daya manusia tersebut. Mengenai komitmen karyawan menunjukan bahwa karyawan memiliki komitemen yang kuat dalam dimensi komitmen afektif (affective commitment), komitmen kontinu (continuance commitment) dan komitmen normatif (normative commitment). Dari hasil kajian mengenai organizational citizenship behavior (OCB) karyawan PT X cabang Bandung sudah tercermin namun masih belum optimal, sehingga masih memerlukan upaya-upaya yang dapat mengoptimalkan potensi tersebut. Kata kunci : Pemberdayaan sumber daya manusia, Komitmen, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:14
Last Modified: 09 Jun 2017 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27776

Actions (login required)

View Item View Item