PENGARUH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Tbk wilayah Bandung)

ANGGA JAKA NUGRAHA, 134020039 (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Tbk wilayah Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
lembar pengeshan Angga JN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I-2.pdf

Download (791kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi bahwasannya untuk dapat menjamin suatu perusahaan berlangsung dengan baik, maka perusahaan harus mampu menciptakan suatu sistem yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan dengan mengeliminasi setiap pemborosan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi Enterprise Resource Planning dan Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Kinerja Perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi empiris dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner dan penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Uji Validitas dan realibilitas angket menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach’s. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Enterprise Resource Planning (ERP) dan Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) terhadap Kinerja Perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan. Secara Parsial, hasil penelitian menunjukkan bahwa Enterprise Resource Planning memberikan kontribusi terhadap Kinerja Perusahaan di PT. Telekomunikasi Tbk sebesar 26,7%. Sedangkan Sistem Pengendalian Manajemen memberikan kontribusi terhadap Kinerja Perusahaan sebesar 57%. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa Enterprise Resource Planning (ERP) dan Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan sebesar 83,7%. Sedangkan 16,3% lainnya dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel yang diteliti dalam penelitian ini, seperti sumber daya strategic, proses bisnis intern, kepuasan pelanggan dan lain-lain. Kata kunci : Enterprise Resource Planning (ERP), Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) dan Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 07 Jun 2017 09:12
Last Modified: 07 Jun 2017 09:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27700

Actions (login required)

View Item View Item