PROSES ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA ETNIK PAPUA PADA BUDAYA SUNDA DI KAMPUS FISIP UNPAS ( Studi Interaksi Simbolik Mahasiswa Papua Dengan Budaya Sunda di FISIP Unpas)

DINAR WULANDARI, NPM. 158080010 (2017) PROSES ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA ETNIK PAPUA PADA BUDAYA SUNDA DI KAMPUS FISIP UNPAS ( Studi Interaksi Simbolik Mahasiswa Papua Dengan Budaya Sunda di FISIP Unpas). Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
ARTIKEL DINAR WULANDARI.docx

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ PROSES ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA ETNIK PAPUA PADA BUDAYA SUNDA DI KAMPUS FISIP UNPAS BANDUNG ( Studi Interaksi Simbolik Mahasiswa Papua Dengan Budaya Sunda di FISIP Unpas)”. Proses adaptasi didefinisikan sebagai proses penyesuaian diri pada lingkungan. Penyesuaianinidapatberartimengubahdiripribadisesuaidengankeadaanlingkungan, jadidapatberartimengubahlingkungansesuaidengankeadaanpribadi. Adaptasi sosial ini melibatkan komunikasi antarbudaya yang mengacu pada proses penyesuaian dan perubahan yang dihadapi oleh mahasiswa pendatang untuk menghadapi lingkungan dengan kebudayaan baru. Adaptasi sosial ini dapat berjalan dengan baik dengan cara berinteraksi dengan individu lain yang merupakan penduduk asli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penyesuaian diri yang dilakukan Mahasiswa Etnik Papua pada budaya Sunda di Kampus FISIP UNPAS Bandung, menganalisis perubahan yang dialami Mahasiswa Etnik Papua di budaya Sunda dan menganalisis interaksi simbolik yang dilakukan Mahasiswa Etnik Papua pada budaya Sunda. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead dengan tiga pemikirannya yakni : Mind ( pikiran), Self ( dirinya), dan Society ( Masyarakat). Hasil dari penelitian ini, proses penyesuaian diri dan perubahan yang dialami oleh Mahasiswa Etnik Papua pada budaya Sunda di Kampus FISIP UNPAS Bandung menimbulkan beberapa kondisi seperti : terjadinya kesulitan dalam penggunaan bahasa Sunda untuk melakukan komunikasi, sulitnya beradaptasi dan pengelompokkan yang dilakukan Mahasiswa Etnik Papua dengan latar budaya yang sama. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti untuk Mahasiswa Etnik Papua, hendaknya mereka dapat terbuka dan menerima latar belakang budaya Sunda yang ada di Kampus FISIP UNPAS Bandung sehingga dapat dengan mudah untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan tersebut dan dapat melakukan interaksi dan menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat Sunda dalam keseharian mereka. Selain itu juga, peran masyarakat Sunda juga sangat penting untuk membantu Mahasiswa Etnik Papua dalam menghadapi perbedaan budaya yang ada khususnya budaya Sunda di Kampus FISIP UNPAS Bandung.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:43
Last Modified: 05 Jun 2017 04:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27504

Actions (login required)

View Item View Item