KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA MINANG DI KOTA BANDUNG (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Adaptasi Pada Mahasiswa Minang Universitas Pendidikan Indonesia)

HARRY PRASETYA NUGRAHA, NPM : 158080004 (2017) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA MINANG DI KOTA BANDUNG (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Adaptasi Pada Mahasiswa Minang Universitas Pendidikan Indonesia). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL - HARRY PN 158080004.docx

Download (102kB)

Abstract

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan para pelajar dari seluruh Indonesia. Salah satunya adalah mahasiswa-mahasiswa minang dari Sumatra Barat. Bandung dengan budayanya sundanya tentu memili perbedaan dengan budaya Minang. Maka perilaku adaptasi harus dilakukan demi kelangsungan hidup bermasyarakat yang baik. Mulai dari pemahaman bahasa, perilaku, simbol-simbol yang berlaku dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku adaptasi mahasiswa minang ketika berada di Kota Bandung, dengan melibatkan 4 (empat) informan mahasiswa minang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia sebagai sumber data dan informasi utama peneliian. Fenomena yang diteliti diidentifikasikan sebagai berikut : (1) Bagaimana perilaku adaptasi mahasiswa minang ketika berada di Bandung, (2) Apa saja simbol-simbol komunikasi antarbudaya mahasiswa minang ketika berada di Kota Bandung, (3) bagaimana makna simbol-simbol komunikasi antarbudaya mahasiswa Minang di lingkungan kota Bandung Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi yang menganggap kesadaran manusia dan makna subjektivitasnya sebagai focus untuk memahami perilaku adaptasinya. Melalui pendekatan fenomenologi tersebut, teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi tidak berperan serta. Hasil penelitian ini menunjukan, perilaku adaptasi yang ditampilkan dikategorikan menjadi 3 (tiga), yaitu perilaku statis : Mahasiswa Eksklusif, Perilaku Situasional : Mahasiswa Toleran, Dan Perilaku Dinamis : Mahasiswa Pluralis. Juga simbol-simbol yang muncul adalah simbol verbal yang berupa kata-kata, dan non verbal yang berupa objek fisik dan tindakan. Kata kunci : Komunikasi Antarbudaya, Fenomenologi, Interaksi Simbolik, Perilaku adaptasi, simbol, makna.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 30 May 2017 05:08
Last Modified: 30 May 2017 05:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27430

Actions (login required)

View Item View Item