Kajian Terhadap Alih Kode dan Campur Kode dalam Penggunaan Bahasa Cerpen Karya Siswa sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Menulis(Studi Kualitatif pada Siswa Kelas IX SMP Yastrib Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017).

NUNUNG SITI HABIBAH, NPM : 148090028 (2017) Kajian Terhadap Alih Kode dan Campur Kode dalam Penggunaan Bahasa Cerpen Karya Siswa sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Menulis(Studi Kualitatif pada Siswa Kelas IX SMP Yastrib Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (84kB)

Abstract

Habibah, Nunung Siti. 2017. Kajian Terhadap Alih Kode dan Campur Kode dalam Penggunaan Bahasa Cerpen Karya Siswa sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Menulis(Studi Kualitatif pada Siswa Kelas IX SMP Yastrib Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (I) Dr. H. Kunkun K. Harnadi, M.Pd., (II) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd. Kata kunci: Alih kode, campur kode, bahan ajar menulis. Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan sesamanya.Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar yang merupakan bahasa resmi, sedangkan bahasa daerah digunakan untuk komunikasi dan berinteraksi di lingkungan masyarakat.Kedua bahasa tersebut digunakan secara bergantian sesuai dengan situasi dan kondisi bahasa itu dipakai.Penggunaan bahasa secara bergantian tidak hanya dalam tuturan lisan, namun juga terdapat dalam tulisan.Seperti dalam kegiatan menulis cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengkaji penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada cerpen karya peserta didik, mengetahui jenis-jenis alih kode dan campur kode pada cerpen peserta didik, serta penggunaan jenis-jenis alih kode dan campur kode tersebut dalam bahan ajar menulis teks cerpen terutama penggambaran watak atau kepribadian tokoh yang ditampilkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen karya peserta didik.Data dalam penelitian ini berupa alih kode dan campur kode pada cerpen karya peserta didik SMP Yastrib Banjaran Kabupaten Bandung.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menugaskan peserta didik untuk membuat cerpen sesuai dengan topik yang ada dalam silabus kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode yang terdapat dalam cerpen peserta didik berupa alih kode intern (dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda, dari bahasa Indonesia baku ke bahasa Indonesia tidak baku) dan alih kode ekstern (dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab). Faktor yang menyebabkan alih kode yaitu pembicara atau penutur, pendengar atau lawan tutur, perubahan topik pembicaraan. Campur kode yang terjadi dalam cerpen peserta didik berupa campur kode ke dalam ( dari bahasa Sunda, bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan campur kode keluar ( dari bahasa Inggris, bahasa Arab). Faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode adalah faktor latar belakang sikap (attitude) dan tipe campur kode kebahasaan (linguistik).Alih kode dan campur kode pada cerpen karya peserta didik dijadikan bahan ajar menulis terutama penggambaran watak atau kepribadian tokoh yang ditampilkan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 May 2017 04:14
Last Modified: 08 May 2017 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27259

Actions (login required)

View Item View Item