KAJIAN STILISTIKA TERHADAP GAYA PERBANDINGAN UNGKAPAN TOKOH BERORIENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA

SHINTA RINI, NIM : 148090005 (2017) KAJIAN STILISTIKA TERHADAP GAYA PERBANDINGAN UNGKAPAN TOKOH BERORIENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL TESIS.docx

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala penurunan nilai-nilai karakter budaya bangsa di kalangan generasi muda, sehingga perlu antisipasi melalui pembelajaran yang berbasis nilai-nilai karakter melalui penyediaan bahan ajar yang berorientasi pada nilai-nilai karakter budaya bangsa. Berdasarkan dari hal tersebut, maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut : bagaimanakah penulis novel Sang Pemimpikarya Andrea Hiratamengungkapkan karakterisasi para tokoh?. Bagaimanakah pemakaian gaya bahasa perbandingan dalam ungkapan para tokoh novelSang Pemimpi karya Andrea Hirata?, bagaimana bentuk nilai pendidikan karakter yang dapat diungkap dalam gaya bahasa perbandingan para tokoh yang terkandung dalam novel Sang Pemimpikarya Andrea Hirata? dan dapatkah hasil kajian stilistika terhadap gaya bahasa perbandingan ungkapan tokoh berorientasi nilai pendidikan karakter dalam novel Sang Pemimpikarya Andrea Hirata dimanfaatkan sebagai bahan ajar bahasaIndonesia di SMA kelas XII?. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan karakterisasi para tokoh; mendeskripsikan pemakaian gaya bahasa perbandingan dalam ungkapan para tokoh; mendeskripsikanbentuk nilai pendidikan karakter yang dapat diungkap dalam gaya bahasa perbandingan para tokoh yang terkandungdalamnovel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan mendeskripsikan hasil kajian stilistikaterhadap gaya bahasa perbandingan ungkapan tokoh berorientasi nilai pendidikan karakter dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dimanfaatkan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kajian content analysis. Artinya, penelitian novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dikaji secara teliti dengan menggunakan pedoman analisis. Setelah dilakukan penelitian dan analisis pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut : (1) Penulis novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata mengungkapkan karakterisasi para tokoh dengan menggunakan dua metode, yaitu metode analitik dan metode dramatik. (2) Pemakaian gaya bahasa perbandingan dalam ungkapan para tokoh novelSang Pemimpi karya Andrea Hirata cukup variatif. (3) Bentuk nilai pendidikanyang terdapat dalam gaya bahasa perbandingan para tokoh yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata terdapat nilai pendidikan karakter. (4) Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA kelas XII. Kata-kata kunci: stilistika, gaya bahasa, ungkapan tokoh dan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:09
Last Modified: 12 Apr 2017 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27159

Actions (login required)

View Item View Item