PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMK SERTA PENGEMBANGAN EFIKASI DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Tety Hendrawati, NPM : 158060019 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMK SERTA PENGEMBANGAN EFIKASI DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL TESIS TETY HENDRAWATI.docx

Download (57kB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran pada prinsipnya bergantung kepada berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik yang datang dari guru, siswa, serta dari lingkungan dimana siswa belajar. Salah satu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan melakukan pengembangan dan perbaikan kurikulum yang di dalamnya mencakup pemilihan model pembelajaran yang dapat mendorong kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Diantara model pembelajaran yang direkomendasikan pada kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMK serta pengembangan efikasi diri melalui model pembelajaran Discovery Learningdengan metode penelitian campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model, sampel penelitian dipilih adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Bandung Program Keahlian Teknik Mesin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif masing-masing terdiri dari soal pretes dan postes serta angket efikasi diri. Teknik analisis data meliputi 1) independent sample test untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif secara keseluruhan, 2) uji Mann-Whitney U untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa serta efikasi diri, 3) uji korelasi untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara variabel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya dengan model konvensional. Demikian juga untuk kemampuan berpikir kreatif dan efikasi diri siswa yang menggunakan model pembelajara discovery learning lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya dengan model konvensional. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahawa terdapat korelasi yang positif antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif , serta antara kemampuan berpikir kreatif dengan efikasi dirisiswa. Kata Kunci :Kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, efikasi diri, discovery learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 29 Mar 2017 01:46
Last Modified: 29 Mar 2017 01:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27103

Actions (login required)

View Item View Item