KAJIAN KOMITMEN DALAM UPAYA PENCAPAIAN KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Purwakarta)

NENENG SITI SUHAEDAH, NPM : 148020092 (2017) KAJIAN KOMITMEN DALAM UPAYA PENCAPAIAN KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Purwakarta). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
NENENG.doc

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kondisi realistis, bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga merupakan salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) dalam lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, yang berwenang menyelenggarakan urusan pemerintahan wajib Bidang Pendidikan. Namun dalam pelaksanaannya menemui masalah utama, yaitu belum terjalinnya sinergitas tujuan organisasi dan belum terbentuknya komitmen internal pegawai yang kuat sehingga berdampak pada pencapaian kinerja organisasi yang belum optimal. Tujuan penelitian adalah mengkaji dan menganalisis komitmen pegawai, capaian kinerja pegawai, faktor–faktor penghambat, dan bentuk komitmen pegawai dalam pencapaian kinerja berdasarkan teori Meyer, Allen & Smith, yakni Komitmen kerja affektif, kontinuans dan normative. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis trianggulasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa komitmen pegawai Disdikpora Kabupaten Purwakarta cukup optimal, artinya sebagian besar pegawai telah mengetahui Visi, Misi dan Tata Kerja Organisasi, melalui penguatan Pakta Integritas dan evaluasi SKP. Capaian kinerja pegawai cukup optimal, yang realisasinya dapat dilihat dari angka melanjutkan sekolah (100 %) dan angka Drop Out sekolah sebesar 0 %. Beberapa faktor yang dianggap penghambat yaitu: Peraturan organisasi, Kebijakan Pimpinan, SOP, Koordinasi, Kerjasama, Pengawasan serta Prinsip Reward dan Punishment. Namun faktor-faktor tersebut belum terbukti sebagai penghambat upaya pencapaian kinerja pegawai. Aplikasi komitmen kerja dengan pendekatan teori “Mayer Allen & Smith”, secara umum dapat dipahami pegawai melalui penguatan sikap dan tanggungjawab terhadap eksistensi lembaga dan jenjang pendidikan. Pada komitmen kerja kontinuans dipahami sebagai suatu bentuk penawaran sikap profesionalisme. Sedangkan penerapan komitmen kerja normative, sudah dilaksanakan karena berkaitan dengan komposisi jabatan yang ada. Beberapa saran diajukan: (1) Perlu menumbuhkan komitmen pegawai yang kuat; (2) Perlu sosialisasi dan pembinaan pegawai secara periodik; (3) Untuk menghindari komitmen kerja “Kontinuans” yang kaku, perlu pemantapan tupoksi sebagai penguatan sikap tanggung jawab yang tidak berorientasi pada kepentingan pribadi. (4) Pegawai perlu memahami dan mentaati juklak/juknis kerja dan SOP, sebagai pedoman taktis pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya. Kata kunci : Komitmen dan Capaian Kinerja Pegawai

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:55
Last Modified: 25 Mar 2017 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27097

Actions (login required)

View Item View Item