MOCH RIZKI SAEPULOH, NPM : 158080008 (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEKOLAH MELALUI WEBSITEONLINE DALAM KEGIATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (Studi Kasus Pada SMK Medikacom Bandung) SCHOOL MARKETING COMMUNICATION STRATEGY THROUGH ONLINEWEBSITE IN STUDENT ACCEPTANCE ACTIVITY. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
Artikel Ilmiah_MochRizkiS_158080008(perbaikan).docx Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh SMK swasta dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui websiteonline. Dengan kasus pada salah satu SMK swasta di kota Bandung yaitu SMK MedikaCom, sebuah SMK swasta yang telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung sebagai SMK Rujukan berbasis IT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan SMK MedikaCom dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru, beserta alasan dan evaluasi terhadap strategi tersebut. Dalam memulai kegiatan penerimaan peserta didik baru, sebelum mengetahui strategi apa yang digunakan, harus ditetapkan dahulu tujuan yang akan dicapai dalam melaksanakan strategi ini. Dan tujuan tersebut dituangkan dalam segmentation, targeting dan positioning. Kemudian untuk mengggapai tujuan tersebut disusunlah strategi dalam Product, Place, Price dan Promotion yang dikenal dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4P. Dan total bauran promosi (promotion mix) juga disebut Bauran Komunikasi Pemasaran (marketing communication mix) terdiri dari campuran spesifik advertising, public relations, personal selling, promosi penjualan, dan alat-alat direct marketing yang digunakan sekolah untuk mengkomunikasikan tentang sekolah secara persuasif dan membangun hubungan dengan orang tua siswa. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan evaluasi proses sebuah studi kasus. Penelitian menunjukkan bahwa Word of Mouth merupakan sarana komunikasi pemasaran yang efektif. Public Relations dengan sarana profil sekolah dan brosur digital yang terdapat pada websiteonlineSMK MedikaCom dirasakan juga sangat efektif, karena interaksi simbolik yang ada pada profil sekolah dan brosur digital sangat menarik perhatian para siswa-siswi SMP. Hal ini berhubungan dengan teori New Media yang dikemukakan oleh Pierre Levy, bahwa websiteonline merupakan media yang sangat berkembang di abad ke 21, selain itu berhubungan juga dengan teori New Wave Marketing yaitu Conversation dan Connect. Kata kunci: komunikasi pemasaran, websiteonline, new media, SMK, penerimaan peserta didik baru,marketing mix, promotion mix, marketing communication mix
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 24 Mar 2017 08:52 |
Last Modified: | 24 Mar 2017 08:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27096 |
Actions (login required)
View Item |