EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERKOTAAN PADA DINAS CIPTA KARYA KEBERSIHAN TATA RUANG DAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJAR

ERIK KISWANTO, NPM. 128122067 (2017) EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERKOTAAN PADA DINAS CIPTA KARYA KEBERSIHAN TATA RUANG DAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJAR. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT.docx

Download (51kB)

Abstract

Masalahpokokdalampenelitianiniyaituinginmengetahuibagaimana pelaksanaan program PNPM di Kota Banjar, dilihatdariberbagaiaspekbaikcapaiankegiatanmaupundarisegisasaran yang telahdicapai, dantentudarihaltersebutdiharapkandapatdiketahuifaktor-faktor yang mempengaruhipelaksanaan program PNPM olehDinasCiptakarya, kebersihan,tataruangdanlingkunganhidupkotabanjarkhususnyamaupunolehberbagaipihakterkaitpadaumumnya. Metodepenelitian yang digunakanpenelitin dalampenelitianiniadalahmetodepenelitiankualitatif. Desainpenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmetodeanalisisdeskriptif.Data yang diperlukandalampenelitianinimeliputi data primer danskunder. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinidenganmenggunakantigacarayakni; observasinon partisipasi, wawancaramendalamdanstudidokumentasisesuaidengantradisistudisosial Pelaksanaan program nasionalpemberdayaanmasyarakatmandiriperkotaan di kotabanjar, secaraumumdilaksanakandengancukupbaikdanberhasil, danDinasCiptakaryasebagai leading sector dalamfasilitasi program inijugasudahmelaksanakan program inidengancukupbaik, halinidapatdilihatdaricapaiansecarafisik yang telahdilaksanakanoleh para pelaksanalapangan PNPM MP di Kota Banjar yang telahberhasilmenyelesaikanberbagaimasalahinfrastrukturkewilayahandenganmemberdayakanpotensi-potensidansumberdaya yang ada. BahwaDinasciptakaryamelaluipelaksanafasilitasinyatelahberhasilmengkordinasikan program PNPM inisehingga PNPM yang notabebemerupakan program nasional yang dibiayaioleh APBN langsung, dapatberjalanberiringandanbersinergisertaberkesinambungandengan program danrencanapembangunan yang telahditetapkanolehpemerintah Kota Banjar. Sehinggasecaraumum program iniberjalandenganbaik.Meskipunmemangmasihadabeberapahal yang belumberjalansesuai target yang ditetapkan, terutama yang kaitannyadengan program pemberdayaanmasyarakatdalambidangekonomi, karenabidanginimemangtidaksecaralangsung di fasilitasiolehDinasCiptaKarya Kota Banjar. Adapun factor-faktor yang mempengaruhikesuksesanpelaksanaan program iniantara lain adalah factor internal sepertikurangnyapersonildankewenangan yang terbatas, juga factor eksternalsepertikondisi social masyarakatdan factor lain yang mempengaruhi. KesimpulandalampenelitianiniadalahbahwaperluadanyaupayasistematisdanberkelanjutansertasinergiolehberbagaipemangkukepentinganataustakeholdersdalamhaliniKepalaDinasCiptakarya,dalammengkordinasikan program agar dapatdiarahkanpadapeningkatankualitasdankuantitascapaian program. Selainitujugaperluupayaberkelanjutandalammengubahpolafikirdan social masyarakatdalammenerimasuatu program yang berbentuk non fisik yang berkaitandenganpemberdayaaanmasyarakat, sehinggatujuanmuliadari Program PNPM MP inidapattercapaidenganbaikdanberhasil.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:12
Last Modified: 15 Mar 2017 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27039

Actions (login required)

View Item View Item