P PENYED DIAAN SA DI KAWA PULAU ARANA D ASAN PE DOMPAK DAN PRA ERUMAH K KOTA ASARAN HAN NEL A TANJUN A LINGK LAYAN NGPINAN KUNGAN NG N

Nan nang Sudra ajat, Alumni and Supratignyo Aji, DS (2015) P PENYED DIAAN SA DI KAWA PULAU ARANA D ASAN PE DOMPAK DAN PRA ERUMAH K KOTA ASARAN HAN NEL A TANJUN A LINGK LAYAN NGPINAN KUNGAN NG N. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
1-COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-KATA PENGANTAR.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
6-BAB II TINJAUAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
7-BAB III GAMBARAN UMUM WILAYAH PULAU DOMPAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
8-BAB IV ANALISIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
9-BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam suatu perencanaan wilayah perkotaan terdapat unsur-unsur yang harus dipertimbangkan baik sebagai masukan maupun unsur arahan produk rencana, yaitu penduduk sebagai penghuni perkotaan yang sekaligus mendapatkan manfaat atau dampak dari pembangunan, kegiatan penduduk dari berbagai aktifitas yang terdapat diperkotaan. Disamping itu terdapat unsur yang tidak dapat diabaikan untuk mendukung berlangsungnya segala aktifitas yaitu sarana dan prasarana yang memiliki posisi yang amat penting bagi keberlangsungan kegiatan penduduk disuatu kota. Kota Tanjungpinang merupakan sebuah kota otonom yang terbentuk pada tahun 2004 dan ditetapkn sebagai Ibukota Provinsi Kepulauanriau. Perkembangan Kota Tanjungpinang semangkin pesat semenjak dibangunnya pusat pemerintahan Provinsi Kepulauanriau yang berlokasi di Pulau Dompak. Pembangunan tersebut mengakibatkan perubahan penggunaan lahan menjadi cepat, sehingga dibutuhkan pemenuhan sarana dan prasarana perkotaan untuk mendukung segala kegiatan yang sedang berkembang dan peningkatan pelayanan bagi aktifitas yang sudah ada sebelumnya. Perumahan nelayan di Pulau Dompak terhubung oleh jaringan jalan baik jalan setapak dengan perkerasan semenisasi dan jalan tanpa perkerasan serta jaringan jalan pelantar bagi rumah yang berada diatas air. Selain itu, dari sisi jaringan air bersih dan air kotor yang terdapat di perumahan nelayan tidak terdapatnya sistem sanitasi pembuangan air kotor dan jaringan air bersih pada rumah yang berada diatas air (rumah pelantar). Keterbatasan fasilitas pembuangan sampah mengakibatkan tumpukan sampah terjadi dibeberapa tempat dengan penanganan langsung (langsung dibakar), serta terbatasnya persediaan air bersih untuk melayani seluruh masyarakat setempat dan minimnya jaringan drainase saluran air kotor. Selain itu, Pulau Dompak belum terlayani oleh jaringan listrik, sehingga masyarakat menggunakan pembangkit listrik sederhana untuk penerangan. Untuk itu perlu adanya peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana lingkungan perumahan untuk menciptakan kondisi yang terjangkau oleh pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:25
Last Modified: 11 Feb 2017 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26845

Actions (login required)

View Item View Item