PENGARUH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada Yayasan Rumah Zakat Bandung)

Yanuar Pradana, Alumni and Ruslina Lisda, Ds (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada Yayasan Rumah Zakat Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik unpas.

[img] Text
01. Cover Skripsi.doc

Download (38kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.doc

Download (31kB)
[img] Text
04. Kata Pengantar Skripsi.doc

Download (51kB)
[img] Text
05. BAB I Yanuar.doc

Download (53kB)
[img] Text
06. BAB II Yanuar.doc
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
07. BAB III Yanuar.doc
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
08. BAB IV Yanuar.doc
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
09. BAB V Yanuar.doc

Download (38kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Informasi akuntansi merupakan informasi yang sangat penting bagi pihak internal dan eksternal, maka dari itu informasi akuntansi harus disajikan dan disusun berdasarkan aturan yang dinamakan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Informasi akuntansi pada dasarnya bersifat kuantitatif yang berkaitan dengan data keuangan yang dihasilkan oleh suatu sistem informasi akuntansi. Agar informasi akuntansi yang dihasilkan berkualitas, maka sistem informasi akuntansi yang dimiliki perusahaan juga harus harus berkualitas dan didukung dengan sistem informasi akuntansi yang terintegrasi, yaitu dengan implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) terhadap kualitas informasi akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-verifikatif. Jumlah sampel sebanyak 21 orang, yang terdiri dari bagian Keuangan dan Audit Internal di Yayasan Rumah Zakat Bandung. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dan wawancara untuk menganalisis implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) terhadap kualitas informasi akuntansi. Penulis menggunakan uji validasi, realibilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji t, dengan bantuan software SPSS for statistic versi 22. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) pada Yayasan Rumah Zakat Bandung dinyatakan baik, dan informasi akuntansi yang dihasilkan Yayasan Rumah Zakat Bandung sangat berkualitas. Melalui hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa implementasi ERP berpengaruh terhadap kualitas informasi akuntansi yang dihasilkan Yayasan Rumah Zakat Bandung. Besarnya pengaruh yang diberikan oleh implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) sebesar 61,8% terhadap kualitas informasi akuntansi dan sisanya 38,2% merupakan pengaruh faktor lain yang tidak diteliti penulis. Kata Kunci : Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP), dan Kualitas Informasi Akuntansi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 10 Feb 2017 04:47
Last Modified: 10 Feb 2017 04:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26782

Actions (login required)

View Item View Item