Agung Satrio Ardi, Alumni and Ririn Dwi Agustin, DS and Mellia Liyanthy, Ds (2015) EKSPLORASI TEKNIK GAMEPLAY DAN GAME MECHANICS RANCANGAN CARLO FABRICATORE PADA GAME DOTA 2. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
Abstrak_123040429.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB1_123020429.pdf Download (84kB) | Preview |
|
Text
BAB2_123040429.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB4_123040429.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB3_123040429.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB5_123040429.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Cover_dll_123040429.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Kata_Pengantar_123040429.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Didalam sebuah game terdapt gameplay dan game mechanics. Dua unsur ini sudah menjadi bagian yang terpenting dalam desain sebuah game. Gameplay merupakan kegiatan yang sering dilakukan ketika memainkan sebuah game sedangkan game mechanics merupakan alat untuk mencapai tujuan dari Gameplay. Pengembang atau developer game masih bingung untuk menentukan titik awal ketika mendesain sebuah game. Teknik Carlo Fabricatore menjelaskan tentang cara mendesain atau merancang gameplay dan game mechanics sebagai langkah awal dalam membuat atau merancang game. Didalam teknik desain Carlo terdapat Core Gameplay, Core Mechanics, Meta-gameplay, Satellite Mechanics. Satellite mechanics dibagi menjadi tiga yaitu Enhancement (terdiri dari add-on dan power up), Alternate Mechanics, dan Opposition Mechancis. Game yang digunakan sebagai contoh implementasi dari teknik Carlo yaitu Dota 2. Game berjenis MMORPG ini memiliki bagian-bagian yang cukup untuk menjelaskan dari teknik desain Carlo sebagai objek game yang sudah ada. Implementasi terhadap objek game yang digunakan didapat bahwa Dota 2 memiliki Core Gameplay membunuh atau menyerang musuh serta menghalau musuh dan mempertahankan ancient. Core game mechanics nya yaitu menyerang menggunakan automatic attack dan skill. Sedangkan core meta-gameplay yaitu menghancurkan bangunan musuh. Enhancement dalam Dota 2 terdapat add-on yaitu berupa pemasangan zirah atau pelindung serta power-up yang berupa penggunaan item yang dapat menambahkan statistik. Lalu terdapat Alternate mechanics dengan membunuh musuh dan prajurit menggunakan item untuk menyerang, serta opposition mechanics nya yaitu bangunan berupa tower, creep (prajurit) dan monster netral. Rekomendasi arah pengembangan kedepannya yaitu melakukan survei terhadap pengembang atau developer game untuk mengetahui tingkat penggunaan dari teknik Carlo ini. Kata Kunci : Teknik Carlo, Dota 2, Core Gameplay, Core Mechanics, Core Meta-Gameplay, Satellite Mechanics, Enhancement, Alternate Mechanics, Opposition Mechanics.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2015 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 03:15 |
Last Modified: | 11 Jul 2018 08:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26652 |
Actions (login required)
View Item |