ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BANDREK DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PADA CV. CIHANJUANG INTI TEKNIK BANDUNG

Ruby Lestari 053010078 and Ir. Edi Gunadi, MT. and Ir.Wahyu Katon, MT. (2016) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BANDREK DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PADA CV. CIHANJUANG INTI TEKNIK BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, teknik manajemen industri.

[img] Text
baba 1.docx

Download (629kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Persaingan di dunia industri semakin ketat dengan terus meningkatnya laju pertumbuhan industri. Persaingan ini mengakibatkan setiap industri lebih jeli dalam merumuskan strategi pemasaran perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang selama ini diterapkan oleh CV. Cihanjuang Inti Teknik Bandung serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi kendala CV. Cihanjuang Inti Teknik dalam merealisasikan strategi pemasaran yang telah dipilih guna meningkatkan pangsa pasarnya di oleh CV. Cihanjuang Inti Teknik Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode faktor lingkungan Internal (IFAS) dan Eksternal (EFAS), metode analisis SWOT untuk menentukan strategi apa saja yang digunakan, matriks BCG (Boston Consulting Group) dan analisis pendekatan AHP. Metode analisis faktor lingkungan terdiri dari kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman. Faktor lingkungan IFAS dilakukan perhitungan bobot dan rating dengan memakai faktor-faktor lingkungan perusahaan dimana ukuran bobot tidak boleh lebih dari 1,00. Begitu juga dengan faktor lingkungan EFAS nilai bobot tidak lebih dari 1,00. Alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah Matriks SWOT. Matriks ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat di sesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Matriks ini dapat menghasilkan emapt set kemungkinan alternatif strategis. Matriks BCG (Boston Consulting Group) menyatakan bahwa posisi perusahaan berada di The Star (Pertumbuhan Tinggi/Posisi Persaingan Tinggi). Dimana posisi ini menghadapi pertumbuhan pasar yang sangat cepat dengan pangsa pasar yang sangat besar. Kemungkinan jangka panjang terbaik (Growth and Profitability). Bisnis ini memerlukan investasi untuk memperkuat posisi dominannya didalam pasar yang sedang tumbuh. Tetapi suatu perusahaan perlu berhati-hati, karena pada tahap ini, meskipun posisi dan cash flow kuat, hal itu mungkin tidak cukup untuk membiayai pertumbuhan yang cepat. Perusahaan tersebut sebaiknya mengurangi excess cash terutama jika pasar telah dewasa atau pertumbuhan menurun. Pada Analisis pendekatan AHP (Analysis Hierarchy Proccess) CR<100 yang artinya konsisten. Konsisten artinya semua elemen telah dikelompokkan secara homogen dan relasi antara kriteria saling membenarkan secara logis. Setelah dilakukan kan perhitungan, diperoleh strategi yang terpilih adalah memaksimalkan volume penjualan sebesar 30.7, pertumbuhan pasar sebesar 27.3, dan mempertahankan pangsa pasar sebesar 26,4. Pada matriks BCG posisi perusahaan berada di The Star (Pertumbuhan Tinggi/Posisi Persaingan Tinggi). Sedangkan pada pendekatan analisis AHP itu nilai CR<100 dimana matriks perbandingan berpasangan tersebut konsisten. Disini terlihat jelas bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh CV. Cihanjuang Inti Teknik Bandung memiliki pengaruh dalam meningkatkan pangsa pasarnya pada CV. Cihanjuang Inti Teknik Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2013
Depositing User: Kosim Ganda Rukmana
Date Deposited: 02 Apr 2016 03:51
Last Modified: 02 Apr 2016 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item