Luky Irvan Dan, 1 1 5060 256 (2016) P ENERAPAN MODEL PBL ( PROBLEM BESED LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Materi Pokok karagaman Suku Bangsa dan budaya di Indonesia Semester 1 Kelas V SDN Sukamulya II Kecamatan Talengong Kabupaten Garut ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover sekripsi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK luky.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I beres (Autosaved).pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di lapangan bahwa proses pembelajaran IPS di sekolah dasar menunjukan adanya gejala - gejala tentang kurangnya minat siswa dalam mempelajari pelajaran IPS. Selain dari kuran gnya minat siswa terhadap pembelajaran IPS, siswapun kurang memahami dari pelajaran IPS yang akan dipelajarinya. Hal itu menunjukkan bahwa guru tidak memberi informasi akhir yang harus dilakukan seorang guru sebagai pengetahuan awal dari materi selanjutnya . K etidak pahaman tentang pembelajaran I PS materi Keragaman Suka Bangsa dan Budaya di Indonesia diketahui bahwa faktor penyebabnya adalah faktor dari siswa send iri dan faktor dari guru kelas, diantaranya adalah (1) siswa cenderung kurang aktif, ( 2 ) hasil e valuasi menunjukan siswa mengalami kesu litan dalam memahami materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia , sehingga nilai evaluasinya rendah, nilai siswa yang tuntas 23,80 % , dan yang tidak tuntas 76,20 % , dengan rata - rata nilai yaitu 48 . Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ya ng dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart . Dalam pelak sanaan penelitian dilakukan dua siklus dimana subjeknya yaitu siswa kelas V dengan jumlah 21 siswa. Instrument yang digunakan y aitu lembar observasi aktivitas guru/peneliti dan siswa, wawancara, Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Kerja Kelompok (LKK) dan tes berupa evaluasi . Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk me ningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas V dalam Pembelajaran IPS pada Topik Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia di SDN Sukamalya II Kecamatan Talegong Kabupaten Garut .Hasil penelit ian menunjukkan bahwa penerapan Model Probl em Based Learning (PBL) dapat meningkatka n sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ips . P ada siklus I tingkat rata - rata rasa ingin tahu 49.99 dan hasil belajar siswa 53 . 57 Pada siklus II tingkat sikap rasa ingin tahu 71,8 2 dan hasil belajar siswa 86,07 yang berarti telah melebihi ni lai KKM yang ditetapkan yaitu 60 . Sehingga sikluspun dihentikan. Hal ini berpengaruh pada jumlah ketuntasan siswa setelah proses pembelajaran. S iklus I s iswa yang telah tu n tas mencapai KKM sebanyak 51,5 %. Sedangkan Siklus II mengalami peningkatan sebanyak 80 % . Siswa menjadi lebih aktif, berani bertanya dan mengeluarkan pendapat dan pembelajaranpun menjadi lebih menyenangkan . Kata kunci : Problem based learning , sikap rasa ingin tahu , dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Apr 2016 03:23 |
Last Modified: | 01 Apr 2016 03:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1807 |
Actions (login required)
View Item |