PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ESI YULASTRI, 115030017 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

i PEMBELAJARAN MEN GANALISIS MAKNA PIKTORIAL DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ABSTRAK Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan program yang komprehensif untuk mengajarkan membaca dan menulis pada sekolah menengah. Berkaitan dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Menganalisis Makna Piktorial dalam Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun perumusan masalah yan g penulis ajukan adalah sebagai berikut: 1) m ampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar? 2) m ampukah sisw a kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar menganalisis makna piktorial dala m teks cerpen dengan tepat? 3) e fektifkah metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar? Hipotesis yang dir umuskan penulis sebagai berikut: 1) p enulis mampu merenca - nakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integ rated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar; 2) s iswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dala m teks cerpen de - ngan tepat; dan 3) m etode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ) efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar. Hal ini terbukti d engan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,62 yang termasuk kategori sangat baik; 2) siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar mampu menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Cooperative Integrated R eading and Composition (CIRC) . Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes sebesar 1,8 dan nilai rata - rata postes sebesar 3,3. Peningkatannya sebesar 1,5 ; dan 3) metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) digunakan dalam pembelaja ran menganalisis makna piktorial dalam teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 14,146 , t tabel 2,05. Pada tingkat kepercayaan 95% , dan db sebesar 27. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata kunc i: Pembelajaran , Menganalisis , Makna Piktorial , Teks Cerpen , dan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Mar 2016 06:50
Last Modified: 31 Mar 2016 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item