Hartin Rizky Sujono, 115030109 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI PANTUN BERKAIT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
ABSTRAK.docx - Cover Image Download (20kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (39kB) |
Abstract
Memproduksi merupakan termasuk kedalam keterampilan menulis dan menulis merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk menulis pantun berait. Model index card match, merupakan salah satu model pembelajaran yang mene-kankan pada konsep kerja sama siswa di dalam kelompok. Oleh karena itu, penu-lis tertarik melakukan penelitian pembelajaran memproduksi pantun berkait de-ngan menggunakan model index card match pada siswa kelas XI SMAN 9 Ban-dung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) mampukah penulis me-laksanakan pembelajaran memproduksi pantun berkait dengan menggunakan model index card match pada siswa kelas XI SMAN 9 Bandung?; (2) mampukah siswa kelas XI SMAN 9 Bandung memproduksi pantun berkait dengan menggu-nakan model index card match?; dan (3) tepatkah model index card match digunakan dalam pembelajaran memproduksi pantun berkait pada siswa kelas XI SMAN 9 Bandung?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran memproduksi pantun berkait dengan menggunakan model index card match pada siswa kelas XI IIS 4 SMAN 9 Ban-dung; (2) siswa kelas XI IIS 4 SMAN 9 Bandung mampu memproduksi pantun berkait dengan tepat dengan menggunakan model index card match; dan (3) mo-del index card match tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi pantun berkait pada siswa kelas XI IIS 4 SMAN 9 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran memproduksi pantun berkait dengan menggunakan model index card match pada siswa kelas XI IIS 4 SMAN 9 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,80. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori baik sekali (A). 2. Siswa kelas XI IIS 4 SMAN 9 Bandung mampu memproduksi pantun berkait dengan menggunakan model index card match. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 1,71 dan nilai rata-rata postes 3,89. Terdapat pening-katan sebesar 2,18. 3. Model index card match efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi pantun berkait. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 12,35, ttabel sebesar 2,093 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 19. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggu-naan model index card match terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi pantun berkait, karena dapat melatih siswa meningkatkan kemam-puan belajar untuk hasil yang lebih baik dan membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Kata kunci: memproduksi, pantun berkait, index card match
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2011 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 15 Mar 2016 04:31 |
Last Modified: | 15 Mar 2016 04:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/175 |
Actions (login required)
View Item |