PE NGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN PERATURAN PERUNDANG - UNDANGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Cibeunying 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2015/2016)

Erna Nurul Fatonah, 1150601 75 (2016) PE NGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN PERATURAN PERUNDANG - UNDANGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Cibeunying 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Abstrac.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery learning dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Peraturan Perundang - undangan . Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Cibeunying 1 Kecamata Majalaya Kabupaten Bandung yang tidak menggunakan model pembelajaran yang variatif sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajarnya masih banyak yang belum mencapai KKM mata p elajaran PKn yaitu 60. Sehingga perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan model Discovery Learning . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari p erencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes di gunakan untuk mengetahui disiplin dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata - rata peningka tan sikap disiplin dan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal pretes dan postes dari pra siklus, siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I disiplin siswa yang memperoleh kriteria tercapai sebesar 3 5% sedangkan hasil belajar siswa sebesar 91 % memenuhi KKM. Kemudian pada siklus II diperoleh hasil disiplin siswa meningkat sebesar 7 5% dan hasil belajar siswa meningkat sebesar 96 % yang memenuhi KKM. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bah asan Peraturan Perundang - undangan di kelas V SDN cibeunying 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung . Dengan demikian model Discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelaja ran untuk diterapkan pada pembelajaran PKn . Kata Kunci: discovery Learning , Disiplin , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:07
Last Modified: 31 Mar 2016 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item