PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS PUISI DENGAN PENDEKATAN MIMETIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FKIP Unpas, Perpustakaan (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS PUISI DENGAN PENDEKATAN MIMETIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Teks Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima serta penyusunan larik dan bait. Model Think Pair And Share adalah metode resitasi dan diskusi serta perlu diselenggarakan dalam seting kelompok secara keseluruhan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik menggunakan model Think Pair And Share pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Mampuhkah penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung?; 2) Mampuhkah siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung menganalisis teks puisi dengan menggunakan pendekatan mimetik?; 3) Efektifkah model pemebelajaran Think Pair And Share diterapkan dalam pembelajaran menganalisis teks puisi dengan menggunakan pendekatan mimetik pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan ketepatan model Think Pair And Share dalam pembelajaran menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik menggunakan model pembelajaran Think Pair And Share pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung; 2) Siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung mampu menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik menggunakan model pembelajaran Think Pair And Share; 3) Model Think Pair And Share lebih tepat digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik menggunakan model pembelajaran think pair and share Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,42 dan pelaksanaan sebesar 3,59 2. Siswa kelas X SMAN 27 Bandung mampu menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik menggunakan model pembelajaran think pair and share Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 1,95 dan nilai rata-rata postes yaitu 2,93 Jadi, ada peningkatan sebesar 0,98 atau setara dengan 3. Model pembelajaran think pair and share tepat digunakan dalam menganalisis teks puisi dengan pendekatan mimetik pada siswa kelas X SMK Pasundan 2. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 6,79 < ttabel 2,72 yakni pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 19. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendekatan Mimetik, Think Pair and Share, Teks Puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Mar 2016 06:39
Last Modified: 30 Mar 2016 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item