ANGGA P.SYARIEF RANGKUTI and R.YENI.D CAHYANI and DENI HARMAEN (2016) PROSES PELATIHAN ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKTRAKULIKULER DI SMPN 3 BANDUNG ANGGA P.SYARIEF RANGKUTI 076040024. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
|
Text
PROSES PELATIHAN ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKTRAKULIKULER DI SMPN 3 BANDUNG.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini diberi judul “PROSES PELATIHAN ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 3 BANDUNG”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui proses pelatihan angklung di dalam kegiatan ektrakulikuler di sekolah. Dalam hal ini Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, danmetode dokumentasi. Dari data yang dihasilkan kemudian dilakukan analisis data berupa pembahasan dan kesimpulan yang dicatat secara deskriptif. Penelitian proses pelatihan angklung ini dilakukan beberapa kali observasi pada proses latihan angklung. Dimana pada saat dilakukan observasi , ditemukan bahwa pelatih angklung menggunakan metode drill untuk menyampaikan materi kepada siswa dan diaplikasikan melalui kegiatan latihan dengan cara mempraktekkan materi tersebut secara berulang-ulang, hingga membuat siswa menjadi terampil dan mampu menguasai materi tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa dapat merespon dengan baik materi yang diberikan oleh pelatih angklung, selain itu juga siswa lebih antusias dalam mengekspresikan kemampuannya memainkan angklung dalam sebuah lagu . Dari hal-hal tersebut peneliti menganggap bahwa musik sudah tepat digunakan sebagai media siswa dalam belajar dan metode drill sudah tepat digunakan sebagai metode pendukung pada proses pelatihan angklung di SMP Negri 3 bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2016 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 07:30 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 07:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1665 |
Actions (login required)
View Item |