INDRI NOVIANTI, 115030104 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1.COVER.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak b.indo.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
11.BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
vi ABSTRAK Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah sangatlah penting. Salah satu ke-terampilan yang harus dikuasai adalah membaca. Untuk itu, penulis tertarik me-lakukan penelitian dengan judul: “Pembelajaran Menganalisis Struktur Teks Ceri-ta dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong Tahun Pelajaran 2015/2016”. Permasalahan yang pe-nulis rumuskan adalah; (1) mampukah penulis merencanakan melaksanakan pem-belajaran menganalisis struktur teks cerita pendek dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong?; (2) mampukah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong melakasanakan pembe-lajaran menganalisis struktur teks cerita pendek?; (3) tepatkah model problem based learning digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis struktur teks cerita pendek dengan menggu-nakan model problem based learning pada siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 1 Parongpong ; (2) siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 1 Parongpong melaksanakan pembelajaran menganalisis struktur teks cerita pendek; dan (3) model problem ba-sed learning tepat digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur teks cerita pendek pada siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 1 Parongpong. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil peneliti-annya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis struktur teks cerita pendek dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 1 Parongpong. Hal ini terbukti berdasarkan hasil peni-laian perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,7 dengan kategori nilai baik (A). 2. Siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 1 Parongpong, mampu menganalisis struk-tur teks cerita pendek dengan menggunakan model problem based learning. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata pretes sebesar 26,27 sedangkan nilai ra-ta-rata postes sebesar 64,19. Peningkatanya sebesar 1,72%. 3. Model problem based learning tepat digunakan dalam pembelajaran mengana-lisis struktur teks cerita pendek pada siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 1 Parongpong. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik, dengan hasil thitung sebe-sar 11,13 ttabel sebesar 0,08 dalam tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 21. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. vii ABSTRACT Indonesian learning in school is very important. One of the skills that must be mastered is read. For that, the authors are interested in doing research with the title: "Learning Analyzing Structure Model Text Story by Using Problem Based Learning in class XI student of SMAN 1 Parongpong academic year 2015/2016". The problem is that the writer formulated; (1) Can the authors plan implementing learning to analyze the structure of the short story text using a model of problem based learning in class XI student of SMAN 1 Parongpong ?; (2) Can the class XI student of SMAN 1 Parongpong implement study analyzing the structure of text short story ?; (3) accurate to problem based learning models used in study of analyzing the structure of the short story text in class XI student of SMAN 1 Parongpong ?. The hypothesis that the author formulated as follows: (1) the author is able to carry out learning activities to analyze the structure of the short story text using a model of problem based learning in class XI IBB 1 SMAN 1 Parongpong; (2) Class XI IBB 1 SMAN 1 Parongpong melakasanakan study analyzing the structu-re of text short story; and (3) the exact problem based learning models used in study of analyzing the structure of the short story text in class XI IBB 1 SMAN 1 Parongpong. The research method that I use is an experimental method to study engine-ering literature study, observation, testing, and tests. The research results as fo-llows. 1. The author is able to carry out the study to analyze the structure of the short story text using a model of problem based learning in class XI IBB 1SMAN 1 Parongpong. This is proven by the results of assessment planning and imple-mentation of 3.7 with good value category (A). 2. Students of class XI IBB 1 SMAN 1 Parongpong, able to analyze the structure of the short story text using a model of problem based learning. It is proven in the average value of pretest at 26.27 while the average post-test score of 64.19. An increase of 1.72%. 3. The problem based learning model is appropriate for use in study of analyzing the structure of text short story in class XI IBB 1 SMAN 1 Parongpong. This is proven by statistical tests, with the results tcount 11.13 ttable of 0.08 in the 95% confidence level and db at 21. That is, the authors conclude that all hypotheses were formulated acceptable.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 07:56 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 07:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
View Item |