AJENG NURMALASARI, 115030089 (2016) PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Menyunting teks laporan hasil observasi adalah kegiatan memperbaiki kesalahan pada teks laporan hasil observasi sehingga menjadi teks yang baik dari segi sistematika penyajian, isi dan bahasa. Discovery Learning adalah pendekatan. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik dalam melakukan penelitian ini dengan judul “Pembelajaran Menyunting Teks Laporan Hasi lObservas idengan Menggunakan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas X SMA Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016”. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: (1) mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajar-an menyunting struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung? (2) mampukah siswa kelas X SMA Nasional Bandung me-nyunting struktur dan kaidah kebahasaan dengan menggunakan metode discovery learning? (3) efektifkah metode discovery learning digunakan dalam menyunting struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Nasional bandung? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keberhasilan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menyunting struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung; (2) mengetahui kemampuan siswa kelas X SMA Nasional Bandung dalam menyunting teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode discovery learning; (3) mengetahui keefektifan penggunaan metode discovery learning dalam pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretest-posttest design, dengan teknik penelitian telaah pustka, observasi, pretes dan postes, teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya yaitu (1) mengetahui keberhasilan penulis dalam melaksanakan pembelajaran me-nyunting sturktur dan unsur kebahasaaan dalam teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas X SMA Na-sional Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,62 yang termasuk kedalam kategori sangat baik (A); (2) mengetahui kemampuan siswa kelas X SMA Nasional Bandung dalam menyunting teks laporan hasil obsevasi dengan menggunakan metode discovery learning. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates adalah 60,83sedang-kan rata-rata postes adalah 86,7. Jadi selisih nilai rata-rata prates dan postes yaitu 25,9; (3) mengetahui keefektifan penggunaan metode discovery learning dalam pembelajaran menyunting teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung. Hal ini terbukti dari perhitungan statistik dengan thitung5,13>ttabel2,04. Artinya penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis dapat diterima. Kata Kunci: discovery learning, menyunting, pembelajaran, teks laporan hasil observasi, dan unsurkebahasaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 07:45 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 07:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
View Item |