Inas Nazmah, 125060216 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di Kelas IV SDN Pelesiran Bandung Kecamatan Coblong Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (785kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
Text
196 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa serta rendahnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pelesiran Bandung kecamatan Coblong Kota Bandung. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode resource based learning sebagai alternatif dalam pemecahan masalah dan sebagai strategi dalam memperbaiki masalah pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas IV SDN Pelesiran Bandung yang berjumlah 21 orang siswa, 13 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPA. Model penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 33,33% tuntas dan 66,66% belum tuntas, siklus I pertemuan 2 42,85% tuntas dan 57,14% belum tuntas, dan pada siklus II pertemuan 3 80,95% tuntas dan 19,04% belum tuntas, siklus II pertemuan 4 85,71% tuntas dan 14,28% belum tuntas. Hal ini berarti telah terdapat adanya suatu perubahan peningkatan kualitas pembelajaran, maka dari itu dapat dikatakan berhasil. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan metode resource based learning sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan metode Resource based learning dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA SD. Kata Kunci: hasil belajar, resource based learning, pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Feb 2017 07:31 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15900 |
Actions (login required)
View Item |