PERBANDINGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING GROUP TO GROUP DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELF EFFICACY SISWA SMK

Lilis Yulistia, NPM. 138060013 (2017) PERBANDINGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING GROUP TO GROUP DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELF EFFICACY SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
lilis yulistia-136080013-matematika.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir logis dan self efficacy siswa SMK ICB Cinta Teknika Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat memilih alternatif pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran yang lain. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan pendekatan problem posing yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan pengaruhnya terhadap self efficacy. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK ICB Cinta Teknika Bandung. Pemilihan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dari populasinya tidak berdasarkan keacakan yang sesungguhnya (quasi eksperimen) , yaitu penetapan yang dilakukan guru berdasarkan kelas yang ada. Kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) sebanyak 30 orang diberikan perlakuan pendekatan problem posing group to group, kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat lunak) sebanyak 30 orang diberikan perlakuan pendekatan problem posing individual dan kelas XI TSM (Teknik Sepeda Motor) sebanyak 30 orang diberikan perlakuan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir logis matematis, angket self efficacy, lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan berpikir logis siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing group to group lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing individual (2) self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing group to group lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing individual, tetapi perbedaannya tidak signifikan (3) Terdapat pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap self efficacy siswa Kata kunci: problem posing, group to group, individual, kemampuan berpikir logis, self efficacy.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:34
Last Modified: 03 Feb 2017 02:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15843

Actions (login required)

View Item View Item