PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI SUKROSA DAN GARAM NACL TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK MINUMAN ISOTONIK TOMAT(Solanum lycopersicum Mill)

Zahra Ainnurkhalis, Alumni and ELA SUTRISNO, DS and Sumartini, DS (2016) PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI SUKROSA DAN GARAM NACL TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK MINUMAN ISOTONIK TOMAT(Solanum lycopersicum Mill). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Zahra Ainnurkhalis.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Slideshow
PPT Zahra Ainnurkhalis.pptx

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TA Zahra Ainnurkhalis.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan formulasi terbaik produk minuman isotonik dari buah tomat dengan memperhatikan konsentrasi sukrosa dan garam dapur (NaCl) yang ditambahkan pada minuman isotonik buah tomat. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan meliputi analisis bahan baku tomat dan menentukan penambahan konsentrasi gum arab pada formulasi minuman isotonik tomat. Kemudian pada penelitian utama yaitu menentukan formulasi minuman isotonik yang tepat serta melihat bagaimana pengaruh interaksi konsentrasi sukrosa dan garam (NaCl) terhadap kandungan natrium dan kalium pada minuman isotonik tomat. Respon pada penelitian ini adalah respon fisika berupa uji total padatan terlarut dan viskositas serta respon organoleptik meliputi kenampakan, aroma dan rasa. Kemudian dilanjutkan dengan respon uji produk terpilih yaitu respon kimia berupa analisis kadar natrium dan kalium dan uji gula total. Formula minuman isotonik tomat terpilih adalah formula dengan perbandingan konsentrasi sukrosa 7% dengan konsentrasi garam NaCl 1,2g. Formula terpilih ini memiliki kandungan natrium 855mg/kg, kalium 182mg/kg, gula pereduksi 6,73%, pH 3,0, viskositas 0,0177 Kg.m/s dan nilai TPT 7,2 o brix. Kata Kunci : Isotonik, Buah Tomat, Minuman Isotonik Tomat, Pangan Fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Feb 2017 04:19
Last Modified: 02 May 2018 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item View Item