PENGARUH PERBANDINGAN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) DENGAN ROSELLA (Hibiscus sabdariffa Linn) DAN JENIS JAMBU BIJI TERHADAP KARAKTERISTIK JUS

Feby Nur ‘Afani, Alumni and Dede Zainal Arief, DS and Tantan Widiantara, DS (2016) PENGARUH PERBANDINGAN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) DENGAN ROSELLA (Hibiscus sabdariffa Linn) DAN JENIS JAMBU BIJI TERHADAP KARAKTERISTIK JUS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR FEBY NUR 'AFANI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ARTIKEL FEBY NUR 'AFANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh perbandingan jambu biji dengan rosella dan jenis jambu biji terhadap karakteristik minuman jus jambu biji rosella. Rancangan percobaan yang digunakan selama penelitian adalah pola faktorial (3x2) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 kali ulangan. Perlakuan pada penelitian terdiri dari faktor yaitu perbandingan jambu biji dengan rosella (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a 1 (1:1), a 2 (2:1), a 3 (3:1) dan faktor jenis jambu biji (B) yang terdiri dari 2 taraf yaitu b 1 (jambu biji merah) dan b 2 (jambu biji putih). Respon organoleptik dengan atribut penilaian atribut rasa, warna dan aroma. Respon fisik yaitu menguji viskositas dari jus jambu biji campur rosella. Respon kimia meliputi analisa bahan aktivitas antioksidan jus jambu biji campur rosella pada sampel terpilih. Hasil penelitian perbandingan jambu biji dengan ekstrak rosella berpengaruh terhadap respon fisik uji viskositas jus jambu biji campur rosella. Jenis jambu biji berpengaruh terhadap respon organoleptik terhadap atribut warna. Untuk interaksi antara perbandingan jambu biji dengan rosella dan jenis jambu biji tidak berpengaruh terhadap semua respon. Sampel terpilih yaitu sampel a 3 b 1 yaitu perbandingan jambu biji dengan rosella (3:1) dan jenis jambu biji (jambu biji merah). Sampel terpilih dilakukan analisis kimia yaitu analisis aktivitas antioksidan dengan menggunakan metode DPPH, didapatkan hasil IC 50 sebesar 428,0058 ppm. Kata Kunci : Jambu Biji, rosella, viskositas, antioksidan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2017 08:02
Last Modified: 31 Jan 2017 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15634

Actions (login required)

View Item View Item