PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS X SMK PURAGABAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Intang Permana, 125030143 (2017) PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS X SMK PURAGABAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Membandingkan yaitu menelaah atau mencermati dua hal yang berbeda yang dilihat dari isi masing-masing dua benda tersebut. Dalam membandingkan menggunakan dua teks yang berbeda, yaitu teks laporan hasil observasi yang merupakan teks yang menyajika informasi yang faktual adanya, dan prosedur kompleks merupakan teks yang menjelaskan langkah-langkah cara melakukan sesuatu dengan benar dan terperinci. Dalam pembelajaran tersebut dua teks tersebut tentulah berbeda, untuk itu pembelajaran membandingkan ini untuk menentukan persamaan dan perbedaan teks laporan hasil observasi dan prosedur kompleks. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini, yakni model Pair Checks. Dalam hal ini, penulis tertarik melakukan sebuah penelitian pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks prosedur kompleks menggunakan model Pair Checks pada siswa kelas X SMK Puragabaya Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksakan, dan menilai proses pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks prosedur kompleks, serta mengetahui kemampuan siswa kelas X dalam membandingkan teks laporan hasil observasi dengan prosedur kompleks, dan keefektifan model Pair Checks dalam pembelajaran tersebut. Metode yang penulis gunakan adalah metode penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment dengan teknik penelitian observasi dan tes. Adapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian tersebut sebagai berikut. a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks prosedur kompleks menggunakan model Pair Checks. Hal tersebut terbukti dari perolehan nilai rata-rata yang diberikan guru Bahasa Indonesia SMK Puragabaya Bandung, yakni 2,58. Nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. b. Siswa kelas X SMK Puragabaya Bandung mampu membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks prosedur kompleks menggunakan model Pair Checks. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan belajar dengan nilai postes lebih besar dari nilai pretes, yakni 2,40 > 1,87. c. Model Pair Checks tepat digunakan dalam pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks prosedur kompleks dengan pembuktian hasil perhitungan statistik dan taraf signifikansi pretes dan postes, yakni t sebesar 2,90 dan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,05 artinya t hitung > ttabel. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan model Pair Checks terbukti tepat dalam pembelajaran membandingkan teks laporan hasil observasi dengan teks prosedur kompleks. Kata kunci: Pembelajaran, Membandingkan, Teks Laporan Hasil Observasi, Teks Prosedur Kompleks, Pair Check. vi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:36
Last Modified: 31 Jan 2017 06:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15596

Actions (login required)

View Item View Item