PENENTUAN UMUR SIMPAN SMOOTHIES BLACK MULBERRY (Morus Nigra L.) DALAM KEMASAN BOTOL KACA DENGAN METODE ASLT PENDEKATAN ARRHENIUS

CITRA SUKMA WIDOWATI, 123020293 and Thomas Gozali, DS and Yusep Ikrawan, DS (2016) PENENTUAN UMUR SIMPAN SMOOTHIES BLACK MULBERRY (Morus Nigra L.) DALAM KEMASAN BOTOL KACA DENGAN METODE ASLT PENDEKATAN ARRHENIUS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tugas Akhir.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Slideshow
TA bismillah.pptx

Download (2MB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah menduga umur simpan smoothies black mulberry berdasarkan pendekatan Arrhenius dengan tujuan mengetahui berapa lama umur simpan smoothies mulberry pada suhu penyimpanan yang berbeda berdasarkan pendekatan Arrhenius. Pada pendugaan umur simpan suatu produk perlu dilakukan pengujian parameter yang mempengaruhi mutu produk sebelum disimpan untuk periode tertentu. Parameter yang diamati pada smoothies black mulberry sebelum dilakukan penyimpanan meliputi kadar air metode gravimetri dan angka lempeng total metode total plate count. Parameter-parameter tersebut dianalisis mulai awal penyimpanan pada hari ke-0. Berdasarkan data hasil perhitungan kadar air pada sampel smoothies black mulberry yang disimpan pada suhu yang berbeda, didapat hasil dimana kadar air menurut jurnal penelitian adalah sebesar 83,31-84% sehingga umur simpan produk smoothies mulberry yang dikemas menggunakan botol pada masing – masing suhu adalah 21 hari pada suhu 5 o C, 8 hari pada suhu 15 o C, dan 3 hari pada suhu 25 o C. Sedangkan, berdasarkan data hasil perhitungan total mikroba pada sampel smoothies black mulberry yang disimpan pada suhu yang berbeda, didapat hasil dimana total mikroba menurut SNI adalah sebesar 5,0 x 10 2 cfu/ml sehingga umur simpan produk smoothies mulberry yang dikemas menggunakan botol pada masing – masing suhu adalah 13 hari pada suhu 5 o C, 2 hari pada suhu 15 o C, dan 0,34 hari pada suhu 25 o C. Hasil analisis viskositas pada smoothies black mulberry yang dianalisis menggunakan viskometer, diperoleh viskositas smoothies black mulberry yaitu sebesar 28 d.Pas. Kata kunci : smoothies, black mulberry, umur simpan, kadar air, total mikroba, viskositas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:07
Last Modified: 20 Mar 2017 09:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15478

Actions (login required)

View Item View Item