ASEP RAMADHAN FIRDAU, 125040108 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA KONSEP PROTISTA MELALUI METODE INTERRUPTED CASE STUDY SKRIPSI Di susun Untuk Me menuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Biologi Oleh ASEP RAMADHAN FIRDAUS 125040108 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKUL TAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 201 7 MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SUB KONSEN INVERTEBRATA MELALUI METODE INTERRUPTED CASE STUDY ASEP RAMADHAN FIRDAUS NIM 125040108 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI Disetujui Pe mbimbing I, Pe mbimbing II, Dr.rer. n a t. Ama Rustama NIP . 15110416 Dr. H. Uus Toharudin, M.Pd NIP 19621071988031001 Mengetahui Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNPAS Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNPAS Dr . H. Dadang Mulyana, M.Si. NIP y . 1510028 Dr. H. Uus Toharudin, M.Pd NIP 19621071988031001. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
abstract english.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (Autosaved).pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (Autosaved) (Autosaved).pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi da ri hasil observasi dan hasil pengamat a n di sekolah SMA Negeri 17 Bandung . H asil belaja r siswa pada mata pelajaran biologi tergolong rendah . M etode pembelajaran yang digunakan pada saat KBM membuat siswa jenuh dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adakah peningkatan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Interrupted Case Study, pada materi pokok protista . Metode yang digunakan adalah metode eksperimen ( Pre - Eksperimental Design ). Desain penelitiannya adalah One - Group Pretest - Posttest Design . Subjek dari penelit ian ini adalah si swa kelas X Mipa 1 di SMA Negeri 17 di Kota Bandung pada s emester ganjil tahun ajaran 2016 - 2017 .Sebagai sampel adalah kelas X Mipa 1 yang ditentukan dengan teknik purpossive sam pling . Parameter yang diukur pada penelitian ini ialah hasil belajar siswa, mencakup ranah kognitif, afektif dan psi komotor. Instrumennya berupa 20 soal pilihan ganda u ntuk mengukur ranah kognitif. Instrumen non - tes berupa rubrik dan studi kasus untuk meng ukur ranah afektif dan psikomotor. Hasil penelitian didapatkan nilai rata - rata pretest sebesar 38,16 dan rata - rata po s ttest sebesar 89,43 . U ji h ipotesis dan diperoleh hasil signifikan, karena t hitung > t tabel yaitu sebesar 21,57 > 2, 7 3 . Uji Gain di peroleh sebesar 0,78 sikategorikan sedang. Hasil pengolahan data menunju kkan bahwa hipotesis Ho ditolak. T erdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran Interrupted Case Study dengan nilai siswa ya ng sudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Interrupted Case Stud y . R anah afektif dan psikomotor siswa menunjukan kriteria baik. Hal tersebut dapat dikatakan penggunaan metode pembelajaran Interrupted Case Study dalam pembelaj aran Biologi pada konsep Protista mampu mem e cahkan masalah dan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Bela jar, Metode Pembelajaran Interrupted Case Study , Konsep Protista , Signifikan .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 03:40 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15455 |
Actions (login required)
View Item |