PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PATTERN RECOGNITION PADA KONSEP COMPUTATIONAL THINKING

LAELI ROKHMATUM MAESAROH, 123040106 and Sandhika Galih Amalga, ds and Mellia Liyanthy, Ds (2017) PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PATTERN RECOGNITION PADA KONSEP COMPUTATIONAL THINKING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
4. Bab1_123040106.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak_123040106.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover_dll_123040106.pdf

Download (313kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Computational Thinking (CT) merupakan sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran dan berperan penting dalam pengembangan aplikasi komputer serta dapat juga digunakan untuk pendukung pemecahan masalah disemua disiplin ilmu. Dalam CT terdapat 4 kemampuan dasar yang salah satunya adalah Pattern Recognition. Pattern Recognition adalah kemampuan untuk melihat persamaan atau perbedaan umum yang akan membantu untuk membuat prediksi atau menuntun kita untuk menemukan cara pintas. Pattern Recognition merupakan dasar untuk pemecahan masalah dan juga perancangan Algoritma. Pengajaran Berbantukan Komputer atau disingkat dengan CAI (Computer Assisted Instruction) merupakan pengembangan dari pada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Pembuatan dilakukan dengan menggunakan metodologi MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mempunyai tahapan seperti concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Tahapan concept dilakukan untuk mengidentifikasi perkiraan kebutuhan. Tahapan design dilakukan untuk pembuatan desain visual tampilan antarmuka, storyboard, dan struktur navigasi. Tahapan material collecting dilakukan untuk pengumpulan bahan seperti gambar, animasi, audio, dan video. Tahap assembly dilakukan untuk pembuatan ilustrasi, audio, dan video, serta pemrograman. Tahap testing dilakukan untuk memastikan apakah hasilnya sesuai dengan tahap design. Tahap distribution dilakukan untuk membuat master file, pedoman penggunaan aplikasi, serta dokumentasi sistem. Penelitian ini menghasilkan model media pembelajaran bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun bagi pengguna yang tertarik mendalami dunia pemrograman dan informatika. Media pembelajaran berbasiskan multimedia yang berlandaskan permasalahan yang merupakan pendekatan yang sangat efektif dan efisien untuk mengajarkan proses belajar yang dilakukan. Kata kunci: Computational Thinking, Pattern Recognition, Computer Assisted Instruction, Multimedia Development Life Cycle

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2014
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 26 Jan 2017 09:11
Last Modified: 26 Jan 2017 09:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item