PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DALAM PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SEPIHAK OLEH PERUSAHAAN BERDASARKAN UU NO 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Arizona Maha Dewa, NPM : 148040006 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DALAM PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SEPIHAK OLEH PERUSAHAAN BERDASARKAN UU NO 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL ARIZONA.docx

Download (33kB)

Abstract

Perlindungan tenaga kerja Indonesia terhadap pemutusan hubungan kerja sepihak oleh perusahaan menurut UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan adalah segala upaya untuk melindungi kepentingan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam mewujudkan terjaminnya pemenuhan hak-haknya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan, baik sebelum, selama, maupun sesudah bekerja, perlindungan hukum bagi warga negaranya merupakan hak seluruh warga negara yang dijamin oleh Undang-Undang. Metodologi penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu menggambarkan fakta-fakta berupa data sekunder, metode pendekatan menggunakan metode yuridis normatif, yaitu metode yang menggunakan sumber-sumber data sekunder. Penelitian dilakukan melalui 2 (dua) tahap yaitu penelitian kepustakaan berupa inventarisasi data sekunder dan penelitian lapangan, teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan yaitu pengumpulan data dengan membaca dan menganalisi bahan hukum primer, sekunder dan tersier, studi lapangan yaitu cara memperoleh data dengan metode wawancara dengan narasumber, alat pengumpulan data berupa catatan hasil inventarisasi bahan hukum primer, sekunder dan tersier, penelitian lapangan berupa daftar pertanyaan, tape, flashdisc, analisis data bersifat yuridis kualitatif Akibat hukum atas pemutusan hubungan kerja sepihak oleh PT. Jaya Makmur Abadi terhadap karyawannya yaitupemberian sanksi adminsitrasi terhadap pihak PT. Jaya Makmur Abadi. Perlindungan hukum untuk tenaga kerja Indonesia terhadap pemutusan hubungan kerja sepihak yang dilakukan PT. Jaya Makmur Abadi terhadap karyawannya dihubungkan dengan UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan berupa penggantian hak terhadap karyawan yang di-PHK. Upaya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan langkah perundingan bipartit dan mediasi dengan mengutamakan unsur musyawarah mufakat antara karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja dan PT. Jaya Makmur Abadi. Kata kunci : Pemutusan, Hubungan, Kerja, Sepihak, Perlindungan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:02
Last Modified: 01 Feb 2017 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item