Ari Yulianto, 125060278 (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TEGALEGA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IV SDN Tegalega Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi.pdf Download (127kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (92kB) |
||
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (91kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (840kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Selalu Berhemat Energi subtema Macam-Macam Sumber Energi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Selalu Berhemat Energi subtema Macam-Macam Sumber Energi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Tegalega, sebanyak 30 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase kreativitas ketuntasan siswa mencapai 67% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori cukup, dan pada siklus II persentase kreativitas ketuntasan siswa mencapai 90% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 23 orang atau sebesar 76% dari 30 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 24% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 orang atau sebesar 90% dari 30 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 3 orang atau sebesar 10% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tegalega pada pembelajaran tematik Tema Selalu Berhemat Energi dan Subtema Macam-Macam Sumber Energi. Kata kunci: Model Project based Learning, Kreativitas, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 04:53 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 04:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14713 |
Actions (login required)
View Item |