PERANCANGAN CAPACITY MANAGEMENT PADA LAYANAN INTERNET MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA IT INFRASTRUCUTRE LIBRARY VERSI 3 (Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Pasundan)

ARIF BUSTHOMI, 123040034 and Iwan Kurniawan, DS and Rita Rijayanti, DS (2017) PERANCANGAN CAPACITY MANAGEMENT PADA LAYANAN INTERNET MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA IT INFRASTRUCUTRE LIBRARY VERSI 3 (Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak_123040034.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040034.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_123040034.pdf

Download (20kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Layanan internet mahasiswa merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh fakultas teknik untuk digunakan oleh mahasiswa yang aktif dilingkungan fakultas teknik untuk membantu mahasiswa dalam melakukan pekerjaannya dalam mencari sebuah informasi yang ada di internet dan informasi perkuliahan. Namun layanan internet mahasiswa saat ini sering mengalami gangguan,masih sedikit mahasiswa yang mendapatkan layanan tersebut dikarenakan keterbatasan dari sisi kapasitas(bandwidth) internet dan jumlah mahasiswa yang mencapai ribuan mahasiswa yang membuat mahasiswa sulit mendapatkan layanan tersebut karena kapasitas internet yang diberikan belum sesuai dengan kapasitas mahasiswa yang ada di lingkungan fakultas sehingga layanan internet sering mengalami gangguan seperti lambat atau tidak bisa terhubung ke internet, maka dari itu diperlukan suatu rancangan capacity management yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan terkait layanan internet yang sering mengalami gangguan. Perancangan capacity management layanan internet menggunakan kerangka kerja IT Infrastucture Library (ITIL) Versi 3 yang digunakan sebagai pedoman dalam pengerjaan penelitian ini. Terdapat beberapa proses yang ada pada capacity management yang dimulai dari Business Capacity merupakan proses untuk memprediksi dan merencanakan kapasitas bisnis yang harus disediakan, menentukan kapasitas pengguna internet di lingkungan fakultas teknik yang di ambil dari mahasiswa aktif angkatan 2013 sampai 2016, jumlah mahasiswa aktif tersebut digunakan untuk menghitung pengguna internet dan kebutuhan internet yang harus disediakan oleh fakultas. Selanjutnya melakukan analisis kebutuhan internet mahasiswa dengan cara menentukan besar kebutuhan internet (bandwidth) tiap mahasiswa dan menentukan komponen-komponen yang harus dibutuhkan guna mendukung perancangan capacity management layanan internet. Rancangan capacity management layanan internet diharapkan akan menjadi acuan kapasitas untuk layanan internet kedepannya, karena dengan adanya rancangan capacity management layanan internet dapat membantu fakultas mengetahui kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan layanan internet yang sesuai dengan jumlah mahasiswa dilingkungan fakultas dan permasalahan yang sering terjadi seperti gangguan internet dapat terselesaikan. Kata Kunci : Layanan Internet Mahasiswa, IT Infrastructure Library , Capacity Management

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 18 Jan 2017 07:10
Last Modified: 18 Jan 2017 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14602

Actions (login required)

View Item View Item