KAJIAN STRUKTURAL TERHADAP NILAI MORAL DAN NILAI BUDAYA NOVEL “LASKAR PELANGI“ KARYA ANDREA HIRATA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMK

SITI MU’MINAH YUNIARTI, NPM. 148090018 (2017) KAJIAN STRUKTURAL TERHADAP NILAI MORAL DAN NILAI BUDAYA NOVEL “LASKAR PELANGI“ KARYA ANDREA HIRATA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMK. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
jurnal SITI MU’MINAH YUNIARTI.docx

Download (54kB)

Abstract

Tingkat apresiasi sastra di lingkungan pendidikan sekolah masih kurang, sehingga penekanan tentang apresiasi sastra perlu diperhatikan. Dengan demikian ilmu sastra Indonesia perlu adanya pembelajaran yang komperhensif dan baik. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif terhadap novel Laskar Pelangi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur intrinsik yang memuat nilai moral dan budaya pada novel serta pemanfaatannya untuk bahan ajar. Dalam karya sastra novel terdapat beberapa nilai yang bisa dianalisis beberapa di antaranya adalah kajian nilai moral dan nilai budaya dari sebuah novel. Cara menganalisis nilai moral dan nilai budaya pada novel ini yaitu melalui pendekatan strukturalisme. Moral merupakan sesuatu yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca, merupakan makna yang terkandung dalam sebuah karya, makna yang disarankan lewat cerita. nilai budaya merupakan konsepsi-konsepsi mengenai apa yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar dari warga suatu masyarakat mengenai apa yang mereka anggap bernilai, berharga, dan penting dalam hidup. Berdasarkan analisis data pembahasan menunjukan bahwa nilai moral pada novel Laskar Pelangi didasarkan pada nilai kejujuran, otentik/menjadi diri sendiri, bertanggung jawab, kemandirian, keberanian, kerendahan hati, realistik dan kritis. Analisis dan pembahasan nilai budaya berdasarkan pada hakikat hidup, hakikat karya,persepsi manusia tentang waktu, persepsi manusia terhadap alam, dan hubungan manusia dengan alam. Hasil kajian diimplementasikan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kata-kata kunci: Unsur Intrinsik, Nilai Moral, Nilai Budaya, Kajian Struktural.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:27
Last Modified: 17 Jan 2017 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14554

Actions (login required)

View Item View Item